Khasiat Tanaman Gandapura sebagai Tanaman Obat

PertaniankuTanaman gandapura (Abelmoschus moschatus) sering disebut waron di Jawa. Tanaman semak yang dapat tumbuh mencapai 2 meter ini merupakan tanaman obat yang menyimpan berbagai khasiat. Penyakit yang dapat diatasi oleh gandapura adalah batuk, susah buang air besar, sakit kepala, bisul, koreng, tulang patah, luka bakar, tersiram air panas, antiradang, peluruh kemih, dan penurun panas.

tanaman gandapura
foto: Pixabay

Seluruh bagian tanaman gandapura dapat dimanfaatkan sebagai obat alami. Pada bagian akarnya terdapat minyak atsiri, lemak, asam palmitat, dan sterol/terpen. Biji tanaman mengandung a-cephalin, fosfati-dilserine, plasmalogen, fosfafidikoline, plasmalogen, ambrettolid, ambretol, afamesol, furfural, tannin, dan minyak atsiri.

Daun gandapura yang kering mengandung a-sitosterol, a-D-glikosida, dan tanin. Bunga gandapura mengandung a-sitosterol, miristetin, dan glikosida.

Hingga saat ini belum ditemukan kontraindikasi penggunaan tanaman gandapura sebagai tanaman obat. Namun, Anda tetap tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan bila tidak berada di bawah pengawasan dokter atau herbalis. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal dari gandapura.

Batuk

Siapkan 2 gram daun gandapura dan ½ gelas air panas. Cuci daun hingga bersih, lalu tumbuk daun. Setelah itu, seduh daun dengan segelas air panas. Saring ramuan setelah dingin. Ramuan dapat diminum dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Mengatasi berbagai penyakit

Siapkan akar gandapura dan tiga gelas air. Potong-potong akar tanaman, kemudian rebus atau godok dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa satu gelas. Setelah itu, diamkan ramuan hingga dingin. Air rebusan akar gandapura dapat diminum dua kali, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Obat balur

Siapkan daun gandapura, lalu cuci bersih dan giling hingga menjadi bubur. Setelah itu, rendam bunga gandapura di dalam minyak. Oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang sakit.

Baca Juga:  Keistimewaan Andaliman yang Membuatnya Jadi Komoditas Ekspor

Penghangat badan

Siapkan biji gandapura secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Balurkan hasil tumbukan tersbeut pada dada dan punggung selama 1–2 jam untuk menghangatkan badan.