Khasiat Tanaman Jarak Pagar Sebagai Obat Herbal

PertaniankuJarak pagar atau Jattropha curcas terbilang sudah cukup populer sebagai tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Misalnya, cacingan, perut kembung, luka, sariawan, dan sakit gigi. Bagian yang bisa dimanfaatkan menjadi obat herbal adalah daun tanaman karena mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan tannin.

jarak pagar
foto: CC BY-SA 2.5, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=1424405

Penggunaan tanaman jarak pagar sebagai obat herbal terbilang cukup mudah. Untuk mengatasi gigi berlubang atau sariawan, Anda bisa meneteskan satu tetes getah pohon jarak ke gigi yang berlubang atau sariawan.

Sementara itu, untuk mengatasi demam panas pada bayi dan masuk angin, Anda bisa menggunakan 2—3 helai daun jarak, lalu diolesi minyak makan baru. Selanjutnya, panaskan di atas api kompor selama 1—2 menit. Setelah panasnya merata, letakkan daun jarak di atas perut atau pungung bayi.

Penyakit lain yang bisa disembuhkan oleh tanaman ini adalah susah buang air besar, kanker mulut rahim dan kulit, TBC kelenjar, bisul, scabies, infeksi jamur, serta bengkak.

Tanaman ini mengandung beberapa senyawa beracun yang cukup berbahaya bagi tubuh, seperti lektin saponin, phorbol karsinogenik, dan inhibitor tripsis. Biji tanaman ini juga sangat beracun karena mengandung toxalbumin fraksi kursin.

Hingga saat ini masih belum ditemukan literatur yang membahas terkait efek samping penggunaan jarak pagar sebagai obat herbal. Namun, karena di dalam jarak pagar terkandung senyawa beracun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal. Jangan mengonsumsi tanaman dalam dosis yang tinggi sebelum melakukan konsultasi dengan dokter atau herbalis.

Tanaman jarak pagar sudah sejak lama menjadi komoditas perdagangan karena sering dipakai sebagai bahan baku industri yang membutuhkan asam lemak, seperti pembuatan kertas dengan kualitas yang tinggi, pil energi, sabun, obat batuk, kosmetik, dan agen pelembap pada tembakau.

Baca Juga:  Menelisik Khasiat Daun Pegagan yang Melimpah

Di beberapa daerah, tanaman jarak pagar memiliki nama yang berbeda-beda. Di Sunda tanaman ini dikenal dengan sebutan jarak kosta, sedangkan di Jawa tanaman dikenal dengan nama jarak budge, jarak gundul, jarak iri, jarak pager, dan jarak cina.