Khasiat Tanaman Mindi Kecil

Pertanianku Mindi kecil atau Melia azedarach dapat tumbuh hingga setinggi 45 meter dengan diameter batang sebesar 60 cm. Tajuk tanaman berbentuk payung dengan percabangan yang melebar. Tanaman ini kadang menggugurkan daun-daunya.

mindi kecil
foto: Oleh Forest & Kim Starr, CC BY 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=6153510

Bagian kulit batang atau akar tanaman dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal karena bagian ini mengandung toosendanin, margoside, kaemferol, resin, tannin, dan triterpene kulinone. Sementara itu, pada daunnya mengandung flavone glycoside, quercitrin, dan kaemferol.

Tanaman mindi kecil bisa digunakan untuk mengobati cacingan, penyakit kulit, dan tekanan darah tinggi. Penyakit cacingan dapat diatasi dengan kulit batang atau akar segar sebanyak 90—120 gram yang digodok hingga matang. Setelah itu, air godokan tersebut diminum sebagai obat.

Sementara itu, untuk mengatasi sakit kulit atau gatal, air godokan kulit batang atau akar digunakan untuk mencuci bagian tubuh yang sedang terinfeksi atau sakit.

Namun, Anda harus waspada dengan bagian kulit akar tumbuhan ini karena bersifat racun. Bagian tersebut dapat menyebabkan Anda muntah-muntah. Menurut penelitian, sifat antelmintik (menghilangkan cacing) bekerja lebih lama jika dibandingkan dengan santonin. Selain itu, infus kulit kayu mindi kecil bisa membuat cacing kremi dari tikus lumpuh.

Daun mindi yang bergerigi di bagian tepinya mengandung protein yang cukup tinggi dan bersifat insektisidal serta bersifat penolak terhadap nematode. Dengan begitu, daun mindi dapat berpotensi menjadi pestisida nabati, tetapi hal ini perlu dibuktikan terlebih dahulu secara ilmiah.

Buah mindi berbentuk bulat atau jorong, ukurannya sekitar 2—4 cm × 1—2 cm. Bagian kulit luarnya tipis, licin, dan kering keriput. Sementara itu, kulit bagian dalamnya keras. Buah yang masih muda berwarna hijau, sedangkan yang sudah masak berwarna kuning. Dalam satu buah terdapat 4—5 biji berukuran kecil sekitar 3,5 × 1,6 mm, berbentuk lonjong, licin, berwarna cokelat, dan jika mengering akan berwarna hitam.

Baca Juga:  Kandungan Super Ajaib Buah Anggur

Selain beberapa efek samping yang sudah disebutkan tadi, tanaman mindi kecil tidak menimbulkan kontraindikasi ataupun efek samping lain ketika dikonsumsi. Namun, Anda tetap tidak disarankan mengonsumsi secara berlebihan tanpa pengawasan dari dokter atau herbalis.