Khasiat Tanaman Pacar Air yang Menakjubkan

Pertanianku Khasiat tanaman pacar air untuk kesehatan memang cukup menakjubkan. Tak heran, tanaman ini seringkali dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman pacar air memiliki nama lokal lain di antaranya pacar banyu, pacar cai, komhong (Jawa), paruinani, lahine (Sumatera), tilanggele daluku, bunga jebelu, giabebe, gofu, bunga taho (Sulawesi), pacar foya, pacar aik (NTB/ NTT), dan inai anyer (Maluku).

Khasiat tanaman pacar air
Foto: Google Image

Adapun nama Latin dari tanaman pacar air, yakni Impatiens balsamina, dari famili Balsaminaceae. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias, tumbuhan yang satu ini termasuk berbatang basah dengan tinggi 30—80 cm. Daunnya tunggal dengan pinggiran bergerigi. Bunganya memiliki beberapa warna seperti merah, putih, oranye, dan ungu. Bunganya jenis kendaga.

Tanaman pacar air tersedia di penjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah bunga, biji, daun, dan akar. Tanaman ini agak beracun, memiliki efek melancarkan peredaran darah dan melunakkan benjolan yang keras.

Loading...

Tanaman pacar air sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan antara lain bunganya untuk peluruh haid, rematik, bisul, radang kulit, dan kulit bengkak. Daunnya untuk obat keputihan dan mengurangi nyeri. Akarnya untuk peluruh haid, anti-inflamasi, dan antiradang.

Resep herbal sederhana

  1. Rematik, bisul, radang kulit: bunga segar digiling halus, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.
  2. Keputihan: 40—60 g daun segar dicuci, direbus, disaring, kemudian airnya diminum.
  3. Peluruh haid: 4—5 bonggol akar direbus, saring, lalu airnya diminum sehari 3—4 kali.
Baca Juga:  Khasiat Menakjubkan Buah Mengkudu
Loading...
Loading...