Khasiat Tanaman Tapak Liman

0

Pertanianku – Tapak liman atau nama latinnya Elephantophus scraber L. Adalah salah satu jenis tanaman yang digunakan sebagai obat. Tanaman ini biasanya tumbuh liar serta mudah berkembang biak. Tanaman in bisa digunakan sebagai obat dalam keadaan apapun, baik sewaktu masih segar, kering, bahkan diekstrak lalu kemudian dimasukkan ke dalam kapsul agar bisa lebih mudah dikonsumsi.

Kandungan yang terdapat pada tapak liman adalah Deoxyelephantopin, Dotriacontan-1-ol, Elephantopin, Epriellinol, Lipenol, Lupeol, Lupeol acetat, Stigmasterol, Triacontan dan Triacontan-1-ol.

Beberapa jenis penyakit yang bisa diobati dengan tanaman ini seperti penyakit influenza, peradangan pada mata, peradangan pada tenggorokan, keputihan atau peradangan pada rahim, amandel yang meradang dan terjadinya peradangan pada ginjal. Untuk mengobati berbagai peradangan ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengeringkan seluruh bagian tanaman ini, setelah itu rebus dengan menggunakan air. Setelah mendidih saring airnya dan minum setiap hari hingga peradangan sembuh.

Selain itu, untuk penyakit seperti perut kembung, anemia, hepatitis, meredakan gigitan ular, beri-beri, dan disentri. Anda bisa menggunakan beberapa bagian tanaman obat ini. Caranya, rebus batang tapak lima dengan air hingga mendidih, lalu minum air rebusannya. Sedangkan untuk mengobati hepatitis, rebus akarnya dengan air sampai mendidih lalu minum air rebusannya.

loading...
loading...