Khasiat Tanaman Timi Sebagai Obat Batuk

PertaniankuTanaman timi atau Thyimus vulgaris L. dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan batuk. Di dalam tanaman herbal ini mengandung thymol dan carvacrol yang bermanfaat sebagai ekspektoran dan antipasmodik.

tanaman timi
foto: pixabay

Tanaman timi mengandung senyawa aktif phenol dengan komponen utama yang terdiri atas thymol sebesar 30—70 persen dan carvacrol sebesar 70 persen. Selain itu, juga terdapat senyawa thymol methyl eter, p-cymene, terpinene, linalool, dan senyawa golongan flavonoid yakni circineol, 8-methoxycircineol eriodyctol, dan thymonin.

Minyak timi berfungsi sebagai pengencer dahak, sedangkan esktrak timi mampu meningkatkan sekresi mucus atau membantu mengeluarkan dahak dari bronchi. Minyak timi didapatkan dari proses penyulingan tanaman, mulai dari tangkai hingga daun. Rendemen minyak yang bisa dihasilkan dari tanaman timi sebanyak 1,86—1,97 persen.

Sementara itu, ekstrak timi bisa didapatkan dengan cara mengekstrak simplisia timi yang sudah diolah menjadi serbuk. Ekstraksi timi bisa dilakukan dengan menggunakan pelarut etanol 70 persen. Proses ekstraksi tersebut akan menghasilkan ekstrak timi yang kental.

Selain berkhasiat sebagai obat batuk, minyak timi juga berkhasiat menurunkan tekanan darah dan merangsang sistem pernapasan serta meningkatkan kontraksi ritme jantung pada kelinci.

Minyak timi juga bisa menimbulkan efek anti-inflamasi (peradangan) dan antelmintik, antibakteri, dan antijamur. Senyawa aktif thymol di dalam minyak timi bekerja mengatasi serangan fungi Cryptococcus neoformans, Aspergillus, Saprolegnia, dan Zygorhynch. Sementara itu, sebagai antibakteri, minyak timi mampu mengatasi serangan bakteri Salmonella typhumurium, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli.

Meski tanaman ini memiliki banyak manfaat, hingga kini tanaman tersebut masih terkenal sebagai obat batuk alami yang cukup mujarab menghilangkan batuk, dahak, dan melegakan tenggorokan. Efek obat batuk yang berbentuk sirup dan menggunakan bahan timi hampir setara dengan bromhexin.

Baca Juga:  Tanaman Herbal untuk Asam Urat yang Sangat Mudah Ditemukan

Jika Anda tertarik mengolah bahan herbal sendiri di rumah, pastikan informasi cara penggunaannya berasal dari sumber yang jelas. Agar lebih pasti, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau herbalis. Karena pada dasarnya, tanaman timi harus dikonsumsi dengan dosis yang sesuai agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.