Khasiat Tanaman Widuri untuk Kesehatan

PertaniankuTanaman widuri memiliki nama ilmiah Calotropis gigantean (L.) Aiton f. Di beberapa daerah tanaman ini bernama saduri, biduri, lembega, rembaga, remingu, bakoan, badori, biduri, dan widuri. Di Cina, tanaman ini bernama niu chio hua, dan di Inggris tanaman ini bernama crown flower, mudar plant.

tanaman widuri
foto: http://dlhk.jogjaprov.go.id/

Tanaman widuri mengandung beberapa bahan kimia berupa saponin, flavonoid, polifenol, glikosida kalotropin, sedikit damar, alban, dan fluavin. Tanaman ini merupakan anggota famili Aselepiadaceae yang bersifat bau lemah, rasa pahit, dan anticendawan. Kulit pada bagian akar bersifat bau lemah, pahit, astringen, dan ekspektoran.

Dari seluruh kandungan tersebut, tanaman widuri berkhasiat untuk mengatasi gigi rusak, radang anak telinga, radang lambung, kejang jantung, kudis, campak, bisul, kutil, dan eksim. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah kulit pohon, akar, daun, bunga, dan getah.

Loading...

Namun, seluruh bagian tanaman mengandung racun sehingga tidak disarankan untuk pemakaian yang berlebihan. Wanita hamil juga tidak disarankan untuk mengonsumsi ramuan herbal dari tanaman widuri. Berikut ini beberapa ramuan yang bisa dibuat dari tanaman widuri untuk menyembuhkan penyakit.

Kudis

Gunakan lima gram daun widuri segar dan cuci hingga bersih. Tambahkan ¼ sendok teh kapur dan tumbuk kedua bahan tersebut hingga lumat. Oleskan ramuan tersebut pada kudis. Lakukan pengobatan secara rutin hingga kudis benar-benar sembuh.

Batuk

Ambil 200—600 gram serbuk akar widuri kering dan cuci bersih. Seduh bahan dengan air panas. Minum air seduhan tersebut secara rutin hingga batuk menghilang.

Campak atau gabag

Cuci bersih 15 gram daun widuri segar, 10 gram kunyit, 15 gram daun asam muda, dan 15 gram pegagan. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari, masing-masing ¾ gelas bersama dengan satu sendok madu agar rasanya lebih enak.

Baca Juga:  Apa itu Makro Alga?

Sakit gigi

Gunakan 3—4 tetes getah widuri untuk melepas gigi atau gerama yang membusuk. Hati-hati jangan sampai kena gigi yang masih sehat.

Loading...
Loading...