Khasiat Tersembunyi Bengkuang untuk Kesehatan

PertaniankuBengkuang (Pachyrrhizus erosus URB) terkenal sebagai salah satu komponen rujak buah yang menyegarkan. Teksturnya renyah, rasanya manis, mengandung banyak air, bersifat sejuk, dan mendinginkan membuat banyak orang yang mengidolakannya. Namun, tahukah Anda, umbi ini menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

bengkuang
foto: Pixabay

Di dalam umbi bengkuang terkandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1, dan vitamin C. Daun dan bijinya mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan umbinya mengandung protein, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C.

Tanaman ini memiliki efek farmakologis berupa obat beri-beri, nyeri perut, penghalus kulit, obat demam, dan obat sakit kulit. Namun, Anda perlu berhati-hati karena bagian daun dan biji tanaman mengandung racun. Bagian-bagian tersebut tetap bisa digunakan sebagai obat herbal tetapi dengan jumlah yang sangat terbatas atau diperhatikan dengan baik. Agar lebih aman, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau herbalis sebelum menggunakannya.

Berikut ini beberapa resep ramuan obat herbal dari bengkuang.

Beri-beri

Cuci 300 gram umbi tanaman sampai bersih, dikupas, lalu makan. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Demam

Kupas umbi secukupnya, buat menjadi manisan, lalu dimakan. Ulangi sampai demam hilang atau sembuh.

Diabetes melitus

Cuci 1–2 buah umbi sampai bersih, parut, peras, lalu saring. Minum air yang tersaring sekaligus secara teratur setiap pagi dan malam.

Penyakit kulit dan eksim

Cuci bersih umbi bengkuang secukupnya sampai bersih, parut, lalu tapalkan pada kulit yang terkena penyakit.

Sariawan

Cuci bersih umbi secukupnya, kupas kulitnya, kemudian masukkan ke blender. Tambahkan setengah gelas air matang dan madu secukupnya, lalu buat minuman jus. Minum jus umbi bengkuang sedikitnya 1 gelas sehari.

Wasir

Cuci bersih 1 butir umbi sampai bersih, kupas kulitnya, masukkan ke blender, tambahkan air secukupnya, lalu buat minuman jus, atau diekstrak untuk diambil sari buahnya. Minum jus bengkuang setiap bangun tidur pagi. Lakukan secara teratur hingga wasir sembuh.

Baca Juga:  Mengatasi Serangan Ulat pada Tanaman Cabai