Khasiat Tersembunyi di Balik Cantiknya Tanaman Wedelia

PertaniankuTanaman wedelia atau Wollastonia biflora sering disebut juga dengan nama saruni laut atau cinga-cinga. Tanaman ini memiliki batang yang panjang dan membelit, tingginya mencapai 30–40 cm, daun tanaman berwarna hijau mengilap dan saling berhadapan. Bagian tepi daun bergerigi. Salah satu bagian yang paling mudah dikenali dari tanaman wedelia adalah bunganya yang berwarna kuning dan tersebar pada tiap ujung percabangan.

tanaman wedelia
foto: Pixabay

Di balik keindahannya, wedelia memiliki khasiat sebagai obat herbal. Tanaman ini dapat mengobati gigitan serangga, luka akibat terpotong, luka nanah, bengkak, panas atau demam, dan gatal-gatal.

Seluruh bagian tanaman wedelia dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman ini mengandung grandifloric acid, anthocyanins, coumarins, dan stigmasterol.

Bekas gigitan serangga, luka akibat terpotong, luka bernanah, atau bengkak dapat diatasi dengan menumbuk daun wedelia, kemudian hasil tumbukan tersebut dioleskan pada bagian kulit yang sakit.

Wedelia dapat digunakan untuk membersihkan vagina dan gonorrhea. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal menyeduh bagian akarnya.

Untuk menurunkan panas atau demam, rebus batang wedelia bersama daunnya. Sementara itu, untuk obat gatal-gatal dan luka, Anda dapat merebus semua bagian tanaman wedelia.

Di Papua Nugini, daun tanaman wedelia sering diusapkan pada kening untuk menyembuhkan sakit kepala dan airnya diminum untuk mengatasi batuk yang sudah parah dan malaria.  Bagian batang dan daun yang sudah dihancurkan dapat dijadikan sebagai obat diare dan sakit perut. Sementara itu, bagian getahnya dapat digunakan untuk menghentikan luka yang berdarah. Akar wedelia dapat dimanfaatkan sebagai obat kelamin.

Tanaman cantik ini sering dijadikan sebagai tanaman penutup tanah di perkebunan. Pasalnya, wedelia mampu menghindari erosi serta mencegah kehilangan air. Artinya, wedelia merupakan tanaman dengan multifungsi, bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan tanaman pelindung dari erosi.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Propolis yang Mengandung Segudang Manfaat

Hingga saat ini belum ditemukan literatur yang membahas terkait kontraindikasi dan efek samping penggunaan wedelia sebagai obat herbal. Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan apabila tidak berada di bawah pengawasan dokter atau herbalis.