Khasiat Tersembunyi di Balik Keindahan Bunga Gerbera

Pertanianku — Selama ini bunga gerbera terkenal sebagai kelompok bunga potong yang sering digunakan untuk buket bunga. Bunga ini memiliki warna yang sangat bervariatif dengan makna yang berbeda-beda. Pada umumnya, bunga gerbera bermakna sebagai kesetiaan pada pasangan. Namun, ternyata, bunga gerbera juga berkhasiat untuk kesehatan.

bunga gerbera
foto: Pixabay

Bagian bunga gerbera yang berkhasiat sebagai obat herbal adalah daunnya. Daun tanaman cantik ini mengandung kumarin yang bisa menenangkan urat saraf. Anda bisa menggunakan daun tanaman untuk diramu seperti minuman teh.

Hingga saat ini masih belum ditemukan literatur yang membahas efek samping penggunaan gerbera sebagai obat herbal. Namun, Anda tetap tidak disarankan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Gunakan secukupnya saja hingga tubuh sudah terasa cukup nyaman dan rileks.

Tanaman cantik yang melambangkan kesetiaan ini tumbuh menyemak dan merupakan tanaman tahunan. Daun bunga gerbera berbentuk memanjang, berwarna hijau dengan bagian pinggir daun bergerigi besar.

Bunga gerbera terkenal cukup besar, bahkan diameternya bisa mencapai 8 cm lebih. Hal ini disebabkan oleh bonggol bunga yang besar dan memiliki dua lapis rangkaian daun mahkota berbentuk panjang. Warna bunga tanaman cantik ini sangat bervariasi, mulai dari kuning, oranye, merah jambu, merah, pink, ungu, almon, hingga putih.

Fakta unik dari bunga ini ialah pada bagian bonggol Anda akan menemui ratusan bunga kecil yang menyerupai bunga yang utuh.

Selain digunakan sebagai bunga potong, tanaman ini juga sering digunakan pada industri kosmetik untuk menjaga kesehatan kulit. Bunga gerbera juga sering digunakan untuk mandi karena bisa melembapkan kulit dan memberikan sensasi menyejukkan.

Gerbera mampu menyerap gas beracun dan menghasilkan kesejukan di udara. Gerbera sama seperti krisan yang mampu menyerap polutan yang berada di dalam ruangan sebanyak 90 persen. Agar mendapatkan hasil filtrasi udara yang maksimal, Anda membutuhkan tanaman gerbera sebanyak 2—3 pot untuk ruangan berukuran 30 m2.

Baca Juga:  Petani Diimbau Melakukan Pengendalian OPT Sesuai dengan Jenisnya

 

 

 


loading...