Khasiat Tersembunyi di Biji Selasih

PertaniankuBiji selasih yang berwarna hitam sering kali digunakan sebagai campuran es campur atau es buah meski tidak terasa apa pun. Meskipun ukurannya kecil, biji selasih menyimpan banyak kandungan yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Biji selasih
foto: Pixabay/FeitianXiao

Herba selasih mengandung minyak atsiri sebanyak 1 persen yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu kandungan di dalam minyak atsiri selasih adalah eugenol. Kandungan ini dapat meringankan kejang otot, mempermudah keluarnya angin dari usus, dan mengurangi nyeri lambung.

Minyak selasih yang dicampur dengan minyak urut dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk merelaksasi otot. Namun, minyak esensial selasih tidak boleh digunakan untuk pemakaian dalam atau pada wanita hamil.

Berdasarkan penelitian di laboratorium, eugenol yang berada pada selasih terbukti dapat menyembuhkan tukak (ulkus) lambung akibat infeksi bakteri H. pylori dan dapat menghambat pertumbuhan 30 strain bakteri.

Bila ditelisik lebih dalam, biji selasih memiliki rasa manis, pedas, dan bersifat sejuk. Selasih dapat menerangkan penglihatan, mengobati radang mata, bercak putih pada selaput bening mata (kornea), dan diabetes melitus.

Herba selasih berkhasiat meningkatkan penyerapan makanan, peluruh keringat, peluruh urine, peluruh kentut, melancarkan aliran darah, menghilangkan nyeri, penenang ringan, antiseptik, antibakteri terutama pada parasit di usus, membersihkan racun, dan mengurangi risiko munculnya kanker.

Kandungan minyak atsiri di dalam selasih dapat menguap saat selasih direbus. Oleh karena itu, biji-biji berwarna hitam ini tidak boleh direbus terlalu lama. Perebusan cukup dilakukan selama 5–10 menit. Selain direbus, biji selasih juga bisa diolah dengan cara direndam ke dalam air hingga mengambang. Minuman yang terbuat dari selasih berkhasiat sebagai tonik.

Selasih juga dapat dijadikan sebagai obat luar. Caranya cukup mudah, yakni hanya digiling hingga halus, kemudian diperas atau hasil gilingannya dibubuhkan pada bagian kulit yang bermasalah. Permasalahan yang dapat diatasi adalah jerawat, gatal akibat gigitan serangga, gigitan ular, dan radang kulit. Adapun air rebusan selasih segar dapat digunakan untuk mencuci koreng dan eksim.

Baca Juga:  Ramuan Jamu untuk Mengatasi Muntah Darah

Anda juga dapat membakar herba selasih menjadi bubuk, kemudian balurkan pada kulit yang terserang eksim, koreng, jerawat, serta gigitan ular dan serangga.