Khasiat Wortel Bagi Penderita TBC


Pertanianku – Salah satu keadaan yang tidak pernah diharapkan oleh semua orang adalah sakit. Di kala sedang sakit, orang tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa dan hanya berbaring di tempat tidur ataupun di rumah sakit. Ada beberapa organ tubuh manusia yang rentan terserang penyakit. Organ tersebut antara lain, paru-paru, jantung, ginjal, lambung, liver, otak, dan organ tubuh manusia lainnya.

khasiat-wortel-bagi-penderita-tbc

Salah satu penyakit yang kerap menginfeksi manusia adalah TBC. Penyakit ini dapat menginfeksi seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penyebaran penyakit TBC tergolong sangat cepat. TBC dapat ditularkan melalui pernapasan yang di hembuskan oleh pengidapnya yang kemudian akan dihirup oleh orang lain.

Gejala penyakit TBC terkadang tidak terlihat. Meskipun begitu gejala penyakit ini tetap dapat dilihat, seperti batuk yang berkepanjangan, rasa sakit yang timbul di bagian dada, turunnya berat badan secara drastis, nafsu makan menurun. Orang yang rentan terserang penyakit ini adalah mereka yang tinggal di kawasan kumuh, penuh, dan sesak, serta karena ventilasi rumah yang buruk. Penyakit TBC lebih banyak menyerang laki-laki daripada perempuan.

Bagi penderita TBC dianjurkan mengonsumsi berbagai makanan, seperti buah-buahan, dan sayuran (yang berwarna hijau tua, oranye, dan juga kacang- kacangan), susu, daging, makanan yang kaya protein dan makanan ringan.

Salah satu makanan yang dianjurkan bagi penderita TBC adalah wortel. Siapa yang tidak tahu wortel? Sayuran berwarna oranye ini mudah dijumpai di pedagang-pedagang sayuran. Wortel memiliki tekstur renyah serta rasa yang manis. Khasiat wortel kaya akan zat antioksidan, vitamin C, B, serat, kalsium, asam folat, dan lainnya.

Wortel merupakan jenis sayuran yang mengandung antioksidan yang baik untuk penderita TBC. Wortel dapat menjadi sayuran yang dapat digunakan sebagai penyembuh penyakit TBC. Tentu harus dipadukan dengan bahan-bahan lainnya, seperti daun mint, cuka murni dan madu. Caranya, jus wortel dengan daun mint, tambahkan dua sendok cuka murni, dan dua sendok madu, selanjutnya campur semua bahan tersebut, jus ini baik dikonsumsi tiga kali sehari.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Jengkol dan Dampak Negatifnya Buat Kesehatan

Manfaat dari minuman ini di antaranya dapat mengencerkan dahak, memelihara paru-paru, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, minuman ini juga dapat mencegah efek yang berbahaya dari obat anti TBC. Penderita TBC juga sebaiknya mengonsumsi apel, anggur, dan juga 25 gram parutan kelapa setiap harinya. Antioksidan yang dihasilkan dari makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita TBC.

 

loading...
loading...