Khasiat yang Tersimpan di Balik Daun Srikaya

Pertanianku — Srikaya merupakan tanaman tropis yang kerap tumbuh di pekarangan rumah. Buah srikaya terkenal berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa jenis penyakit dan biji buah srikaya sering digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengatasi hama tanaman sayuran. Namun, tahukah Anda jika daun srikaya juga berkhasiat seperti buah dan biji srikaya.

daun srikaya
foto: Pertanianku

Daun srikaya mengandung skuamosin, asimicin, atherospermidine, lanuginosin, alkaloid tipe asporfin, dan bisbenziltetrahidroisokinolin. Namun, Anda harus berhati-hati ketika ingin mengonsumsi daun tanaman ini sebagai obat karena mengandung racun. Ibu hamil sebaiknya menghindari tanaman ini.

Berikut ini deretan khasiat daun srikaya untuk kesehatan tubuh.

Mencegah penuaan dini

Daun srikaya mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan menghambat penuaan dini pada sel-sel kulit. Dengan begitu, daun tanaman buah tropis ini membuat kulit terlihat lebih sehat.

Menurunkan risiko serangan stroke dan penyakit jantung

Di dalam daun terkandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menenangkan otot jantung. Oleh karena itu, rajin mengonsumsi daun ini dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Meredakan rasa nyeri saat rematik

Daun srikaya dapat berfungsi sebagai antiradang dan analgesik. Fungsi tersebut dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri saat rematik. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal merebus daun tanaman ini dan meminum air rebusan tersebut.

Kudis

Daun srikaya dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kudis. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya tinggal menggiling daun hingga halus, kemudian tambahkan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit yang terkena kudis.

Menstabilkan gula darah

Daun srikaya mengandung banyak serat yang dapat berkhasiat untuk memperlambat penyerapan gula dan menjaga kadar gula darah agar tetap berada pada batas normal.

Baca Juga:  Khasiat Sambiloto untuk Melawan Corona

Mengatasi cacingan

Daun tanaman buah ini dapat menjadi pertolongan pertama saat terkena cacingan. Anda hanya perlu merebus 15 lembar daun yang masih segar dengan lima gelas air hingga tersisa tiga gelas air. Air rebusan tersebut dapat diminum tiga kali sehari, dosis sekali minum sebanyak satu gelas.