Kiat Basmi Hama Boleng pada Ubi Jalar

Pertanianku — Hama menjadi hambatan yang perlu ditangani dengan benar, petani perlu melakukan pengendalian sebelum serangan hama semakin parah. Hama boleng merupakan momok bagi petani karena bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar. Pasalnya, larva boleng yang masuk ke umbi akan menyebabkan umbi tersebut tidak bisa dijual karena umbi tersebut membusuk dan akan terasa pahit.

hama boleng
foto: Pixabay

Hama boleng memiliki moncong yang runcing ke depan dan suka bersembunyi dari sinar matahari. Hama ini akan mengganggu tanaman dengan memakan daging umbi. Umbi yang sudah terserang akan terlihat memiliki lubang-lubang kecil di permukaan kulitnya. Berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi serangan boleng yang sangat merugikan.

Menggunakan varietas yang tahan serangan

Langkah pertama untuk mencegah serangan hama boleng adalah dengan menggunakan varietas ubi jalar yang tahan terhadap serangan hama. Varietas ubi jalar yang dimaksud adalah cilembu, umbi ungu, ataupun varietas lain yang membentuk umbi di dalam tanah.

Menanam ubi jalar dengan plastik mulsa

Plastik mulsa dapat membantu petani untuk menghindari serangan boleng. Selain itu, plastik mulsa memang dapat memberikan keuntungan bagi petani, antara lain melindungi penguapan yang berlebihan, menghalangi pertumbuhan gulma, dan membuat pemberian pupuk menjadi lebih efisien.

Menanam di dataran tinggi

Ubi jalar yang ditanam di dataran tinggi memiliki hasil panen yang berkualitas bagus. Selain itu, suhu udara yang dingin tidak cocok untuk perkembangan boleng sehingga hama boleng sangat jarang menyerang ubi jalar di dataran tinggi.

Menggunakan Beauveria bassiana

Beauveria bassiana merupakan jamur yang termasuk insektisida hayati yang dapat bersifat sebagai parasit bagi serangga. Jamur sebaiknya diaplikasikan pada sore hari agar jamur tidak mati terkena sinar matahari. Pengendalian ini terbilang ramah lingkungan karena memanfaatkan musuh alami hama.

Baca Juga:  Trik Mengatasi Hama Bawang Merah Tanpa Pestisida Kimia

Menggunakan insektisida sistemik

Insektisida sistemik adalah racun yang menyebar ke seluruh jaringan tanaman. Racun yang dapat digunakan untuk mengendalikan boleng antara lain imadikloprid, dimetoat, atau asefat.