Kiat Bertanam Lengkeng Merah di Pot

PertaniankuLengkeng merah memiliki penampilan menarik dan berbeda dari jenis lengkeng pada umumnya. Penampilannya yang menarik membuat banyak pehobi ingin menjadikannya sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot). Pada dasarnya tidak begitu sulit bertanam lengkeng merah di pot, begitu pun dengan pemeliharaannya.

lengkeng merah
foto: Toko Trubus

Namun, Anda tetap perlu mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan secara sempurna agar kegiatan menanam dan perawatan tidak terhambat. Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah bibit tanaman.

Saat ini harga bibit lengkeng merah terbilang masih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lengkeng lainnya. Pastikan Anda menggunakan bibit yang berkualitas karena bibit menentukan keberhasilan bertanam. Bibit yang kurang baik akan sulit berbuah. Bibit berkualitas tersebut biasanya tersedia di pembenih bersertifikat atau toko pertanian tepercaya seperti Toko Trubus.

Setelah bibit tersedia, Anda perlu menyediakan media tanam. Media yang digunakan harus mampu menjaga kelembapan di daerah sekitar akar, menyediakan unsur hara yang cukup, dan dapat menahan ketersediaan unsur hara. Kondisi media tanam tersebut bisa didapatkan dengan cara mengombinasikan beberapa jenis media tanam, seperti tanah, pasir, pupuk kandang, moss, atau sekam bakar.

Kombinasi media tanam yang bisa digunakan antara lain campuran tanah, pasir, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan jumlah 1:1:2:1. Atau, Anda bisa menggunakan komposisi media tanam yang terbuat dari tanah, pupuk kandang, moss, dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1:1.

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk disiapkan sebelum menanam adalah pot. Pot harus dipilih sesuai dengan ukuran tanaman. Pot tersebut dapat terbuat dari bahan plastik, seng, atau kayu karena pada dasarnya bahan yang digunakan tidak akan memengaruhi pertumbuhan tanaman, tetapi memengaruhi daya tahan pot itu sendiri. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikan jenis pot sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda sendiri.

Baca Juga:  Pakis Boston, Pembersih Udara yang Cantik

Setelah seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan sudah lengkap tersedia, Anda sudah bisa mulai menanam lengkeng merah di pot. Cara menanam lengkeng di pot tidak begitu sulit karena caranya sama seperti menanam tanaman buah lainnya di pot. Anda bisa memberikan ajir untuk menopang bibit yang baru ditanam agar tidak roboh. Bibit yang baru ditanam perlu disimpan di tempat sejuk terlebih dahulu hingga mengeluarkan tunas baru.

Untuk bertanam lengkeng merah, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng merah unggul di Toko Trubus. Anda bisa langsung mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu melalui WhatsApp admin Toko Trubus.