Kiat Beternak Kelinci Potong

Pertanianku— Saat ini bisnis kelinci potong bukan hal baru lagi karena sudah banyak peternak yang telah merasakan keuntungan dari usaha ini. Berbagai olahan daging kelinci kini sudah lazim ditemukan di berbagai daerah. Beternak kelinci potong dapat berjalan lancar apabila Anda mempersiapkannya dengan matang. Berikut beberapa kiat beternak kelinci potong untuk Anda yang berkeinginan mencoba bisnis ini.

beternak kelinci potong
foto: Pertanianku

Membuat kandang yang nyaman

Semua makhluk hidup membutuhkan tempat tinggal yang nyaman agar dapat tumbuh dengan optimal, begitu pun dengan kelinci. Kandang yang nyaman dapat membuat kelinci sehat dan terus tumbuh berkembang biak. Kandang berfungsi sebagai tempat berteduh dari teriknya panas matahari dan dinginnya udara malam.

Selain menyesuaikan dengan kebutuhan kelinci, kandang juga harus dirancang memudahkan pekerja untuk mengontrol dan menghemat waktu serta tenaga dalam pengelolaannya.

Menyediakan pakan berkualitas

Pakan berkualitas merupakan komponen yang penting dalam budidaya kelinci potong dan menjadi bagian terbesar dalam komponen biaya. Umumnya kelinci diberikan pakan hijauan yang dapat berasal dari limbah pertanian.

Tata laksana pemberian pakan yang benar dan berorientasi pada kebutuhan kelinci dapat menjadi salah satu upaya yang tepat untuk meningkatkan produktivitas ternak kelinci.

Menggemukkan kelinci potong dengan cara yang benar

Sebenarnya, kelinci memiliki kemampuan tumbuh yang cepat untuk mencapai bobot siap potong. Kira-kira hanya sekitar empat bulan jika dipelihara secara intensif. Teknik penggemukan yang digunakan memang sangat memengaruhi lamanya waktu penggemukan yang harus dilakukan.

Lindungi kelinci dari penyakit

Penyakit menjadi kendala utama yang sering dialami oleh para peternak. Hal ini karena penyakit dapat menyebabkan ternak mati. Penyakit dapat dihindari dengan menetapkan sanitasi kandang yang baik, memberikan pakan berkualitas dan kuantitas yang tepat, menjaga suplai minum air bersih tetap tersedia, memberikan zat nutrisi yang tepat, menghindari kelinci dari penyakit menular, dan mengantisipasi perubahan cuaca.

Baca Juga:  Dua Hal yang Harus Diperhatikan Saat Perkawinan Pertama Domba

Seluruh kegiatan beternak kelinci potong tersebut bisa Anda pelajari dalam buku Kelinci Potong. Buku tersebut menyajikan beragam informasi penting yang dapat membimbing Anda menjadi peternak kelinci yang andal. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda dapat langsung menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya.