Kiat-kiat Memasarkan Itik agar Cepat Laku

Pertanianku — Teknik pemasaran merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai agar proses beternak itik bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah. Namun, sayangnya teknik pemasaran tersebut jarang dikuasai oleh peternak sehingga tidak jarang banyak peternak yang mengalami kendala saat memasarkan itik.

memasarkan itik
foto: pertanianku

Peternak harus memahami proses memasarkan itik memang tidak selalu berjalan mulus. Anda pasti akan menghadapi beberapa tantangan dan penolakan. Yang terpenting, jangan pernah menyerah untuk terus mencoba dan berinovasi agar produk itik Anda dikenal oleh konsumen. Berikut ini beberapa kiat-kiat memasarkan itik yang bisa Anda lakukan.

Tawarkan ke rumah makan

Cara ini memang membutuhkan usaha yang lebih ekstra, Anda perlu mendatangi beberapa rumah makan dan restoran yang menyajikan menu itik untuk menggunakan itik hasil ternak Anda. Dalam proses penawaran sangat wajar terjadi penolakan atau ketidakcocokan harga. Cara konvensional ini memang cukup melelahkan, tetapi terbilang cukup efektif, bergantung pada kualitas produk serta cara Anda bernegosiasi.

Tunjukkan keunggulan produk Anda

Sebagian besar konsumen menginginkan produk berkualitas tinggi agar saat menikmatinya menimbulkan rasa kepuasan tersendiri. Oleh karena itu, tunjukkan kelebihan produk Anda yang bisa menarik perhatian pembeli. Misalnya, daging lebih empuk, warnanya putih, dan aroma daging itik tidak terlalu amis.

Up to date dengan perkembangan harga

Anda harus mengetahui perkembangan harga itik di pasar agar mengetahui harga jual terkini dari produk itik. Selain harga, Anda juga harus meninjau perkembangan ternak itik secara menyeluruh agar tidak ketinggalan informasi penting. Misalnya, teknologi peternakan terbaru atau pakan alternatif.

Kerja sama atau mitra

Adakan kerja sama dengan beberapa pihak dalam jangka waktu dan harga tertentu. Hal ini bisa membuat Anda bisa lebih fokus menangani manajemen pemeliharaan sehingga produk itik yang dihasilkan lebih berkualitas.

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam Dara Petelur yang Memiliki Daya Bertelur Tinggi

Cari promosi yang unik

Di tengah era digital, kegiatan promosi bisa dilakukan lebih mudah. Hanya tinggal bagaimana kreativitas Anda menggunakan platform digital tersebut.

Mengubahnya menjadi produk olahan

Anda juga bisa menjual itik hasil ternak yang sudah diolah menjadi produk olahan untuk memudahkan para konsumen mengonsumsinya.


loading...