Kiat-kiat Membuat Daun Anthurium Terlihat Mulus dan Mengilap

Pertanianku— Salah satu nilai penting dari tanaman anthurium adalah penampilan daun anthurium yang terlihat segar dan sehat. Ada beberapa trik khusus untuk membuat daun anthurium tetap terlihat mulus dan mengilap.

daun anthurium
foto: Pixabay

Bersihkan daun secara berkala

Daun yang diletakkan di area dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor) pasti akan terpapar oleh debu. Debu-debu tersebut perlu dibersihkan secara teratur dengan kapas atau kain kaos yang lembut dan sudah dibasahi dengan air.

Debu yang menempel pada permukaan daun tidak hanya menurunkan penampilan tanaman anthurium, tetapi juga dapat menutupi pori-pori daun sehingga proses fotosintesis tanaman menjadi terganggu.

Bersihkan dengan menggunakan air dari sumur, jangan air PAM karena pengawet yang terkandung di dalam air dapat menyebabkan bintik-bintik kuning pada daun. Air PAM biasanya mengandung kaporit yang dapat merusak tanaman.

Berikan vitamin B1

Agar penampilan daun tetap prima, Anda bisa memberikan vitamin B1 melalui daun secara teratur dan berkala. Vitamin sebaiknya diberikan pada pagi hari agar penyerapannya berjalan lebih optimal. Dosis yang diberikan sebanyak 1ml/liter air. Vitamin dapat diberikan dua hari sekali. Vitamin ini juga dapat memulihkan tanaman anthurium yang habis drop.

Berikan minyak ikan

Minyak ikan juga dapat berguna untuk membuat daun menjadi lebih mengilap. Cara pemberiannya sangat mudah, Anda hanya tinggal menyemprotkan minyak ikan ke permukaan daun. Lakukan perlakuan ini secara rutin tiap seminggu sekali. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Oleskan bahan pengilap

Saat ini sudah banyak produk pengilap daun anthurium di pasaran yang berasal dari berbagai merek. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan lain yang kemungkinan besar ada di rumah, seperti susu tanpa gula, santan, atau minyak ikan.

Baca Juga:  Mengendalikan Kontaminasi Aflatoksin pada Biji Kakao

Cara pengaplikasian pengilap daun ini cukup mudah. Anda hanya tinggal mencelupkan kain halus, lap berbahan karet, atau tisu berserat ke dalam larutan pengilap yang sudah Anda miliki. Selanjutnya, oleskan ke permukaan daun. Setelah itu, bersihkan permukaan daun dengan lap bersih agar daun kering dan tidak menimbulkan bercak pada daun.