Kiat-kiat Memperindah Balkon Apartemen dengan Tanaman Hias

PertaniankuBalkon apartemen yang Anda miliki dapat dipercantik dengan menggunakan tanaman hias agar terlihat lebih asri dan menyegarkan. Namun, sebelum menghiasnya dengan tanaman hias, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu agar penampilan balkon terlihat bagus tanpa merusak kondisi balkon.

balkon apartement
foto: Pixabay

Cek beban maksimum

Sebelum membeli tanaman beserta potnya, Anda perlu menanyakan kepada pihak pengembang berapa beban maksimum balkon apartemen. Hal ini sangat berguna untuk membantu Anda memutuskan berapa banyak tanaman dan pot yang dapat dibeli.

Pertimbangan taman vertikal

Tak jarang balkon apartemen tidak begitu luas sehingga Anda tidak memiliki ruang yang cukup besar untuk menanam. Saat ini sudah banyak teknologi bertanam yang dapat digunakan pada lahan sempit seperti balkon apartemen, misalnya taman vertikal. Peralatan untuk berkebun vertikal (vertical garden) sudah banyak tersedia di berbagai toko pertanian. Cara perawatannya juga tidak sulit asalkan Anda rajin merawatnya setiap hari.

Konsep taman vertikal dapat membuat balkon terlihat lebih asri tanpa memakan banyak ruang.

Alas rumput

Agar balkon terkesan lebih hidup, Anda bisa menggunakan alas dari rumput sintetis yang saat ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Alas rumput ini dapat membuat balkon menjadi lebih hidup.

Tambahkan kursi dan meja santai

Agar tercipta nuansa taman yang sesungguhnya, jangan lupa untuk meletakkan kursi dan meja santai di balkon apartemen Anda. Jika ingin pemandangan yang lebih menarik, Anda juga bisa menempatkan beberapa bantal bermotif floral dan vas bunga di atas meja bundar.

Manfaatkan peralatan berkebun sebagai dekorasi

Permasalahan yang sering dialami ketika berkebun di balkon adalah minimnya ruang untuk menempatkan pot dan menyimpan peralatan berkebun. Jika disimpan secara konvensional, balkon Anda akan terlihat sangat penuh dan sempit, akhirnya balkon tersebut tidak bisa dinikmati dengan nyaman.

Baca Juga:  Tanaman Sayuran Buah yang Dapat Ditanam Secara Vertikultur

Masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan pegboard (papan pasak) untuk menggantung pot siram, sekop kecil, gunting, serta sarung tangan secara rapi dan teratur.