Kiat-kiat Menanam Sawi

Pertanianku — Sawi dapat dimanfaatkan bagian daun dan bunganya sebagai bahan pangan yang diolah menjadi sayuran, baik dikonsumsi secara segar mentah maupun yang sudah diolah. Beberapa jenis sawi yang biasanya ditanam adalah sawi putih, sawi hijau, dan sawi huma. Menanam sawi sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk berbagai macam masakan.

menanam sawi
foto: pertanianku

Lokasi yang tepat

Setiap jenis tanaman memiliki karakteristik tempat tumbuh yang berbeda-beda, sawi merupakan tanaman yang bisa ditanam pada dataran rendah ataupun dataran tinggi. Namun, sawi lebih sering ditanam di dataran rendah, terutama di pekarangan karena perawatannya yang lebih mudah. Jenis sawi huma cocok ditanam pada tempat yang agak kering atau di tegalan.

Loading...

Kondisi tanah

Syarat-syarat agar sawi dapat tumbuh subur adalah tanah harus gembur, banyak mengandung humus (subur), drainasenya baik, dan pH tanah berkisar 6—7.

Waktu yang tepat untuk menanam sawi

Pada dasarnya sawi bisa ditanam kapan saja termasuk saat musim kemarau, asalkan tersedia air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Namun, waktu yang tepat untuk menanam sawi adalah pada akhir musim hujan atau sekitar Maret.

Penanganan biji sawi

Sawi seperti tanaman petsai dikembangkan melalui biji tanaman yang berasal dari bagian bunga sawi. Biji sawi yang akan ditanam harus disemai terlebih dahulu. Sebelum disemai, lahan diolah terlebih dahulu dengan cara dicangkul sedalam 30 cm dan diberi pupuk kandang sebanyak 10 ton/hektare. Selanjutnya, buatlah bedengan-bedengan pada lahan dengan lebar 1 meter.

Bibit sawi yang sudah berumur 3—4 minggu dari waktu sebar atau kira-kira berdaun empat helai, sudah bisa dipindahkan ke bedengan.

Pemupukan

Pupuk pertama diberikan saat tanaman berumur 10 hari di bedengan. Pupuk yang diberikan adalah pupuk urea sebanyak 3 gram/tanaman. Pupuk diberikan di sekeliling tanaman sejauh 5 cm dari batangnya.

Baca Juga:  Fakta Menarik Bawang Putih

Pemeliharaan tanaman

Tanaman sawi rentan terkena serangan ulat daun yang memakan daun-daun sawi. Ulat ini bisa diatasi dengan penyemprotan insektisida seperti Ambush 2 EC dan Decis 2,5 EC 0,1—0,5 persen.

Panen

Sawi bisa dipanen setelah berumur dua bulan. Sawi bisa dipanen dengan cara dicabut atau dipotong pada bagian batang di atas tanah. Agar tanaman bisa tahan lama setelah panen, panen bisa dilakukan dengan cara dipetik daunnya satu per satu.

Loading...
Loading...