Kiat-kiat Mencegah Kelinci Stres

Pertanianku— Sama seperti makhluk hidup lainnya, kelinci membutuhkan kenyamanan agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Hewan menggemaskan ini sensitif dengan suara bising dan suhu panas. Kondisi tersebut dapat membuat kelinci stres, terutama jika suhunya terlalu tinggi.

kelinci stres
foto: Pixabay

Kondisi stres dapat menyebabkan kelinci mudah terserang penyakit. Jika kondisi tersebut dibiarkan terus berlarut, kemungkinan kelinci bisa mengalami kematian. Kelinci yang stres dapat dilihat dari nafsu makannya yang menurun dan frekuensi buang kotorannya yang sering. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali kelinci dengan baik.

Stres dapat dicegah dengan teknik perawatan yang baik seperti di bawah ini.

Pakan berkualitas

Beri kelinci Anda pakan yang berkualitas. Kebutuhan pakan merupakan salah satu faktor penyebab stres dan penyakit. Dengan memberikan pakan berkualitas dan bergizi baik, kesehatan kelinci Anda akan tetap terjaga.

Lakukan pengecekan suhu secara rutin

Suhu harus dicek secara berkala untuk mencegah suhu yang terlalu tinggi. Pastikan kandang ditempatkan pada suhu 18—22°C, suhu tersebut merupakan suhu ideal bagi kelinci. Apabila suhu lebih tinggi dari suhu ideal, kelinci akan kepanasan dan menimbulkan stres.

Keluarkan kelinci dari dalam kandang

Kelinci yang dikandangkan terus-menerus, sesekali harus diumbar. Biarkan kelinci bermain untuk beberapa saat agar tidak mudah stres. Akan tetapi, tetap pantau kelinci saat diumbar. Hindari kelinci dari benda-benda tajam agar tidak terluka. Pastikan di tempat umbaran tersebut, tidak ada celah yang besar agar kelinci tidak mudah kabur.

Buat kandang yang lebih luas

Sebetulnya, kandang berukuran luas merupakan pilihan sehingga tidak bersifat wajib. Kandang yang luas dapat membuat ruang bermain kelinci lebih nyaman. Bermain dan bersembunyi merupakan dua hal yang sangat disenangi dan sering dilakukan kelinci.

Baca Juga:  Prospek Cerah Ternak Jangkrik

Bersihkan kandang

Bersihkan kandang dengan rutin setiap hari agar bau kotoran tidak membuat kelinci stres. Pastikan kandang tidak dalam keadaan lembap dan kotoran tidak bercampur dengan pakan.

Saat dibawa dalam perjalanan

Sesekali beri kelinci pakan dan minum. Cek kotoran dalam kotak kandangnya, bila sudah kotor segera bersihkan. Jauhkan kotak kandang kelinci dari mesin kendaraan agar tidak terkena suhu panasnya.