Kiat-kiat Pemasaran Ayam Kampung

Pertanianku — Terkadang pemasaran masih menjadi permasalahan yang sering dihadapi oleh para peternak, terutama para peternak mandiri yang memiliki jaringan usaha terbatas. Padahal, pemasaran ayam kampung merupakan bagian penting yang dapat mendatangkan keuntungan dari seluruh proses peternakan yang sudah dilakukan. Oleh karena itu, kemampuan pemasaran ayam kampung seharusnya sudah dikuasai oleh setiap peternak agar produk yang sudah dihasilkan dapat mendapatkan keuntungan.

pemasaran ayam kampung
foto: pertanianku

Pantau harga di pasar

Kegiatan produksi tidak hanya terpusat pada bagaimana caranya menghasilkan produk yang berkualitas dalam jumlah yang banyak. Anda harus menguasai pengetahuan yang luas mengenai keadaan pasar, seperti harga telur dan daging ayam kampung di pasaran. Harga pada setiap pasar itu berbeda-beda. Beda daerah, harga komoditas juga berbeda.

Loading...

Biasanya akan ada pengepul yang dapat menampung hasil panen Anda. Sebelum datang atau didatangi pengepul, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu informasi harga pasaran yang berlaku saat itu. Tujuannya adalah Anda bisa menghindari pengepul curang yang memberikan harga jual jauh di bawah harga pasaran sebenarnya.

Tren daya beli masyarakat

Harga jual di setiap daerah akan berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh daya beli masyarakat serta proses distribusi produk. Jangan sampai Anda mendistribusikan produk ke tempat yang terlalu jauh sehingga biaya antar membengkak dan berimbas ke harga jual, sedangkan di daerah tersebut daya beli masyarakat rendah. Hal tersebut malah akan membuat produk Anda yang mahal menjadi tidak laku terjual.

Inovasi produk

Jika biasanya para peternak menjual ayam kampung hidup, kini Anda bisa menjual ayam kampung yang sudah dipotong dan dikemas rapi, konsumen hanya perlu memberikan bumbu tambahan saja tanpa perlu memotongnya terlebih dahulu. Hal tersebut merupakan inovasi yang berbeda dengan pedagang lainnya.

Baca Juga:  Vaksin Herbal untuk Ayam Buras

Namun, inovasi tersebut membuat naiknya biaya produksi sehingga membuat harga jual jadi lebih mahal daripada biasanya. Anda harus tetap mempertimbangkan hal tersebut secara matang. Jika tujuannya adalah masyarakat menengah ke atas dengan daya beli yang tinggi, produk tersebut bukan tidak mungkin akan mudah terserap. Selain itu, perhatikan juga apakah inovasi tersebut memang sudah sesuai dengan selera pembeli.

Jalin hubungan yang baik pada pihak tata niaga

Hubungan yang baik dengan relasi bisnis merupakan kunci yang dapat memperlancar proses pemasaran Anda. Hubungan baik harus dibangun pada seluruh pihak yang tergabung dalam satu rantai pemasaran produk Anda. Hubungan yang baik dapat menimbulkan kepercayaan yang sangat berharga. Jaga kepercayaan relasi bisnis karena sangat berguna untuk kelancaran usaha Anda.

Loading...
Loading...