Kiat Melindungi Rumah Kumbung Jamur dari Serangan Hama

Pertanianku — Serangan hama bisa terjadi sewaktu-waktu saat Anda tidak merawat rumah kumbung jamur dengan benar. Serangan tersebut bisa menurunkan kualitas jamur yang dihasilkan sehingga menyebabkan kerugian. Serangan-serangan tersebut bisa Anda cegah melalui beberapa cara berikut.

rumah kumbung jamur
foto: pertanianku

Serangga

Serangga yang kerap menyerang jamur di dalam rumah kumbung adalah Lycoriella yang berukuran kecil dan Megaselia spp. yang menyerupai lalat. Serangan serangga ini bisa dicegah dengan memasang kawat kasa berukuran kecil di bagian ventilasi. Selanjutnya, pasang plastik bening di bagian pintu luar untuk membiaskan cahaya. Pencegahan tersebut dapat membuat serangga menghindar dan menjauh dari rumah kumbung.

Selanjutnya, pencegahan juga bisa dilakukan dengan membersihkan sisa media tanam yang tercecer ketika panen agar tidak ada larva serangga yang tertinggal.

Langkah pencegahan terakhir yang sangat ampuh ialah memasang perangkap seperti kertas atau plastik berwarna kuning yang dilumuri oleh lem. Perangkap ini akan menarik perhatian serangga untuk mendekat sehingga hama-hama tersebut akan terjebak pada lem yang berada di permukaan benda berwarna kuning tersebut.

Laba-laba

Apabila di rumah kumbung ditemui sarang laba-laba, segera bersihkan sarang tersebut karena laba-laba akan memakan miselium dan tubuh buah jamur. Biasanya, sarang laba-laba berada di antara sela-sela baglog. Pencegahannya bisa dilakukan dengan menebarkan serbuk kapur pada permukaan lantai dan dinding kumbung.

Cacing

Serangan hama cacing bisa dicegah dengan melakukan sterilisasi secara sempurna sebelum proses budidaya dimulai. Proses sterilisasi akan mematikan telur-telur cacing. Anda perlu waspada dengan cacing karena hama ini berukuran kecil dan sangat cepat berkembang biak.

Siput

Untuk mencegah serangan siput, Anda bisa mengandalkan ekstrak daun jarak yang disemprotkan ke lantai kumbung dan rak. Hama ini akan memakan tubuh buah jamur sehingga pertumbuhannya tidak optimal karena rusak.

Baca Juga:  Mengenal Pestisida Alami, Pestisida yang Jarang Membunuh Hama

Rayap

Rayap merupakan salah satu hama yang sulit terdeteksi. Keberadaan rayap baru ketara setelah ada kerusakan yang disebabkan oleh koloni hewan ini. Serangan rayap bisa dicegah dengan menggunakan ekstrak daun serai yang disemprot ke bagian tanah atau bagian kumbung yang terkena serangan rayap.