Kiat Memangkas Tanaman Lengkeng agar Cantik dan Berbuah Lebat

Pertanianku — Tanaman lengkeng harus dipelihara secara intensif agar bentuknya tetap terlihat indah tanpa mengganggu produktivitasnya. Salah satu kegiatan perawatan yang tidak boleh dilupakan adalah pemangkasan. Pemangkasan tanaman lengkeng memiliki dua tujuan, yaitu membentuk tajuk tanaman agar terlihat bagus dan merangsang pembungaan.

pemangkasan tanaman lengkeng
foto: Pixabay

Pemangkasan tanaman harus disesuaikan dengan umur dan fase perkembangan tanaman. Teknik yang digunakan harus tepat agar pemangkasan tidak menimbulkan gangguan pada tanaman. Tentu saja pemangkasan tidak berdiri sendiri. Anda juga harus mendukung pemangkasan dengan pemupukan dan pengairan yang tepat serta pengendalian hama dan penyakit.

Berikut ini tahap pemangkasan tanaman lengkeng yang disesuaikan dengan perkembangan tanaman.

Pemangkasan pertama

Pemangkasan tanaman lengkeng sudah bisa dilakukan saat tanaman sudah mencapai ketinggian 60–80 cm. Pada bekas pemangkasan tersebut akan timbul tunas cabang baru. Cabang baru yang tumbuh sebaiknya hanya dipilih tiga yang tumbuh simetris. Setelah itu, pangkas cabang pilihan tersebut setelah tumbuh dengan baik pada ketinggian 30–40 cm dari pangkasan pertama.

Dari pemangkasan tersebut akan membentuk 3–4 cabang baru lagi. Untuk tanaman dengan pertumbuhan cabang yang memanjang, sebaiknya berikan tiang penyangga di sekeliling pohon agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Pasalnya, terkadang tanaman tidak mampu menopang beratnya sendiri sehingga tanaman tumbuh merunduk. Tentu saja bila hal ini dibiarkan dapat menyebabkan penampilannya kurang menarik.

Pemangkasan kedua

Pemangkasan selanjutnya dapat dilakukan ketika tanaman memasuki masa pembungaan. Pada fase ini tanaman hanya mendapatkan pemangkasan ringan agar bisa mendapatkan jumlah dan kualitas buah yang baik.

Pemangkasan yang dilakukan pada masa pembungaan adalah pemangkasan tandan bunga bila panjangnya lebih dari 10 cm, pemangkasan tandan buah sebanyak 10 persen dari buah yang terbentuk, dan pemangkasan tunas air agar pertumbuhan buah optimal.

Baca Juga:  Cara Memangkas Tanaman Tomat yang Benar

Pemangkasan ketiga

Pemangkasan kembali dilakukan setelah buah dipanen semua. Pemangkasan pada masa ini bertujuan merangsang pertumbuhan yang sehat dengan memangkas sisa-sisa tangkai buah, serta memangkas cabang dan ranting yang mengering atau terkena penyakit.