Kiat Memasarkan Jamur Tiram

Pertanianku — Keberhasilan budidaya tidak hanya bergantung pada hasil panen yang didapat, keberhasilan juga ditentukan dari suksesnya proses memasarkan jamur tiram sehingga hasil panen tersebut bisa mendatangkan keuntungan. Ada banyak cara untuk memasarkan jamur tiram, Anda bisa menyesuaikan dengan keahlian serta kondisi yang ada. Yang terpenting, jangan pernah takut ditolak dan gagal, terus usaha sampai berhasil.

memasarkan jamur tiram
foto: pertanianku

Mitra

Sistem mitra bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak memiliki hubungan yang luas. Biasanya, para pembudidaya bermitra dengan penyedia baglog, swalayan, supermarket, dan tukang sayur di daerah Anda tinggal. Cara ini paling ampuh untuk menjual jamur tiram dalam bentuk jamur segar. Anda hanya perlu memasok barang kepada penjual, urusan harga dan keuntungan bersih dinegosiasikan dengan penjual.

Loading...

Dalam bermitra, Anda harus menjaga kontinuitas pasokan barang agar hubungan bisnis bisa tetap berjalan.

Membuka restoran atau usaha olahan sendiri

Jamur yang masih segar memang gampang rusak dan busuk sehingga waktu penjualannya sangat terbatas. Bagi Anda yang senang mengolah makanan, sebaiknya mencoba untuk mengolah jamur tiram hasil budidaya menjadi olahan makanan lain agar lebih menarik dan harga jualnya lebih tinggi.

Jamur tiram merupakan makanan yang bergizi dan lezat. Tak heran, banyak orang yang senang dengan kudapan yang terbuat dari jamur tiram. Dengan mengolah jamur tiram menjadi makanan olahan, akan memudahkan para konsumen untuk mengonsumsinya. Selain itu, pemasaran jamur tiram olahan lebih mudah dilakukan melalui internet. Apalagi, saat ini orang-orang lebih senang mengonsumsi makanan jadi.

Melalui pertemuan atau arisan

Arisan menjadi ajang yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan jamur tiram. Ibu-ibu rumah tangga biasanya melakukan arisan dalam kelompok yang terdiri atas beberapa anggota. Anda bisa memasarkan produk, baik produk segar maupun produk yang sudah diolah.

Baca Juga:  Cara Mudah Memelihara Pohon Belimbing agar Menghasilkan Buah yang Manis

Selalu jaga kualitas produk untuk meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga mereka akan membeli kembali, tidak hanya pada saat Anda melakukan pemasaran.

Tawarkan jasa pelatihan

Biasanya yang bisa melakukan tahap ini adalah pembudidaya yang sudah memiliki usaha berskala besar dan sudah memiliki track record yang panjang. Ia sudah berhasil menjual jamur tiram, baik dalam bentuk olahan maupun segar. Selanjutnya, untuk menjual jasa berupa pelatihan, akan menjadi jauh lebih mudah karena sudah memiliki contoh usaha yang baik. Para pengikut pelatihan pun menjadi percaya dengan ilmu yang diberikan.

 

 

 

Loading...
Loading...