Kiat Membasmi Hama Belalang Secara Alami

Pertanianku— Belalang merupakan serangga pemakan daun yang dianggap hama karena mengganggu pertumbuhan tanaman. Hama belalang menyerang perkebunan dengan membentuk kelompok atau koloni. Apabila Anda tidak segera membasmi belalang di area pertanaman, kemungkinan besar tingkat kerusakan yang disebabkan oleh serangga ini akan semakin parah. Tak heran, belalang telah menjadi momok bagi petani.

hama belalang
foto: PIxabay

Terdapat banyak cara untuk membasmi belalang. Namun, tak jarang pembasmian tersebut tidak berjalan maksimal. Pembasmian hanya membuat beberapa belalang mati dan sebagian besarnya hidup.

Salah satu cara membasmi yang dinilai cukup ampuh adalah dengan membuat pestisida sendiri dari bahan alami. Dengan pestisida alami ini, Anda tidak perlu khawatir dengan kontaminasi dan residu yang dapat ditimbulkan dari penggunaan pestisida sehingga hasil panen yang didapatkan lebih sehat. Penggunaan pestisida alami juga dapat menghemat biaya pembelian pestisida kimia.

Bahan yang Anda butuhkan adalah daun sirsak, tembakau, dan deterjen. Deterjen dibutuhkan pada ramuan ini untuk meminimalisir pestisida hanyut terbawa oleh air hujan. Berikut ini cara membuat pestisida alami untuk membasmi hama belalang.

Alat dan bahan:

  • Daun sirsak 50 lembar
  • Daun tembakau 1 genggam
  • Deterjen 20 gram
  • Air 20 liter
  • Saringan
  • Semprotan

Cara membuat:

  1. 1. Tumbuk halus campuran daun sirsak dan daun tembakau. Masukkan hasil tumbukan tersebut ke air yang sudah ditempatkan dalam sebuah wadah berpenutup.
  2. 2. Aduk sampai tercampur sempurna sambil ditambahkan deterjen secara perlahan-lahan. Endapkan dan diamkan campuran selama semalam sambil ditutup.
  3. 3. Saring larutan tersebut dengan saringan untuk memisahkan ampas dengan larutan.
  4. 4. Encerkan larutan tadi dengan 40 liter air, kemudian semprotkan pada tanaman yang diserang hama belalang. Sebaiknya, larutan disemprotkan secara merata dan akan lebih baik penyemprotan dilakukan saat belalang masih kecil sehingga belalang belum bisa terbang menghindari semprotan.
Baca Juga:  Jus Buah Penumpas Kolesterol

Gulma yang berada di sekitar area pertanaman juga perlu dibersihkan untuk memperkecil serangan belalang. Selain itu, membersihkan gulma juga bermanfaat untuk mencegah serangan hama dan penyakit lainnya yang berbahaya untuk tanaman.