Kiat Memberikan Pakan Hidup untuk Burung Cucakrawa

Pertanianku — Di habitat aslinya, burung cucakrawa memakan serangga dan buah-buahan. Pakan burung cucakrawa biasanya adalah belalang, ulat daun pisang, ulat daun di atas pohon ceri, orong-orong, cacing tanah, kupu-kupu, dan lain-lain. Semua hewan tersebut mengandung protein yang cukup tinggi dan sangat baik untuk burung cucakrawa.

pakan burung cucakrawa
foto: Pixabay

Jangan berikan hanya satu jenis pakan alami

Pakan alami burung cucakrawa memang sangat mudah ditemukan di sekitar Anda, apalagi jika Anda tinggal di dekat hutan atau di pedesaan. Namun, pemberian pakan alami sebaiknya tidak hanya dilakukan dengan satu jenis pakan. Anda perlu memberikan variasi pakan alami agar kebutuhan nutrisi cucakrawa terpenuhi dengan baik.

Pakan untuk bakalan cucakraawa

Untuk cucakrawa yang masih benar-benar bakalan lebih membutuhkan jangkrik, belalang, dan kelabang kecil. Hal ini karena ketiga pakan alami tersebut bersifat padat sehingga dapat membuat cucakrawa cepat kenyang.

Namun, jangkrik yang akan diberikan harus dibuang terlebih dahulu bagian kaki yang tajam agar tidak melukai burung. Kelabang sebaiknya diberikan dalam keadaan mati atau dibuang bagian kepalanya.

Berikan kroto

Kroto juga termasuk pakan hidup yang disukai oleh burung cucakrawa. Pemberian kroto perlu diupayakan, terutama jika kroto sudah terbiasa memakannya.

Jangan sampai ada pakan yang sisa

Saat memberikan pakan hidup pada burung cucakrawa, Anda harus memastikan tidak ada pakan yang tersisa di dalam sangkar. Pakan yang tersisa harus segera dibuang atau dibersihkan karena pakan tersebut memicu datangnya semut yang dapat mengganggu burung.

Pakan lain berupa buah-buahan

Selain binatang hidup, cucakrawa juga biasa memakan buah-buahan seperti pepaya, ceri, pisang, dan jambu. Cucakrawa yang dipelihara biasanya diberikan pisang kepok dan pepaya. Pisang kepok dapat diberikan pada cucakrawa yang sudah lama dipelihara. Pisang kepok kurang baik untuk bakalan karena agak liat dan sulit dimakan. Dalam satu hari, burung cucakrawa dapat menghabiskan 3—4 buah pisang.

Baca Juga:  Kiat Memberikan Pakan Kambing Potong yang Benar

Sementara itu, untuk buah pepaya, cucakrawa lebih senang buah pepaya yang masih muda dan tidak menyukai pepaya yang terasa manis.