Kiat Memberikan Pupuk Susulan untuk Kolam Ikan Nila yang Tepat

Pertanianku — Anda perlu memberikan pupuk susulan untuk kolam ikan nila untuk mempertahankan kesuburan kolam sehingga pakan alami tetap tersedia. Pupuk kolam ikan nila umumnya dedak halus yang dicampur dengan ragi. Pemberikan pupuk susulan untuk kolam ikan nila harus dilakukan dengan benar, mulai dari dosis, waktu pemberian, hingga cara pemberiannya.

pupuk kolam ikan nila
foto: pertanianku

Dosis pupuk yang tepat

Jumlah dosis pupuk susulan untuk kolam ikan nila tidak boleh kurang atau berlebihan. Pasalnya, kelebihan dosis yang tidak tepat bisa menyebabkan kualitas air menurun karena proses pembusukan yang tidak tepat. Sementara itu, kekurangan dosis menyebabkan pertumbuhan pakan alami menjadi kurang baik.

Jumlah dedak halus yang digunakan untuk pupuk susulan hanya setengah dari pemupukan persiapan kolam. Misalkan, kolam seluas 100 m2 membutuhkan dedak halus sebanyak 5 kg pada persiapan kolam dan 2,5 kg untuk pemupukan susulan. Untuk pemupukan selama tiga bulan, membutuhkan dedak halus sebanyak 25—30 kg.

Begitupun dengan jumlah ragi yang digunakan. Jumlah ragi yang dibutuhkan pada persiapan kolam 100 m2 sebanyak 25 gram, sedangkan untuk pemupukan susulan sebanyak 12,5 gram.

Dedak dan ragi dicampur dengan air secukupnya, kemudian diaduk hingga rata. Setelah itu, diamkan selama 10—12 jam. Selanjutnya, tambahkan lagi 5 liter air, kemudian aduk kembali hingga merata.

Waktu pemupukan

Waktu pemupukan yang tepat adalah pagi hari sekitar pukul 08:00—10:00. Pupuk yang diberikan pada waktu tersebut masih kemungkinan mendapatkan penyinaran matahari lebih lama, minimal 4—6 jam. Sementara itu, pemupukan yang dilakukan pada sore hari terbilang tidak efektif karena pupuk kurang mendapatkan sinar matahari.

Sinar matahari dibutuhkan untuk proses fotosintesis yang menghasilkan oksigen. Jumlah oksigen yang tinggi dapat membuat proses pembusukan berjalan lebih cepat sehingga pertumbuhan pakan alami menjadi lebih cepat juga.

Baca Juga:  Teknik Pemijahan Labi-labi

Cara memberikan pupuk

Pupuk susulan diberikan dengan cara dicairkan terlebih dahulu. Selanjutnya, larutan pupuk tersebut dipercikkan ke atas permukaan kolam. Jika di dalamnya terdapat endapan dari campuran kedua bahan tersebut, larutkan kembali hingga semuanya habis.