Kiat Membuat Burung Kenari Tampil Prima Saat Kontes

Pertanianku — Tidak semua burung kenari dapat memenangkan kontes. Hanya beberapa jenis kenari yang sudah terlatih dan mendapatkan perawatan yang baik yang dapat memenangkan kejuaraan. Berikut ini beberapa kiat membuat burung kenari tampil prima dalam kontes atau perlombaan burung kicau.

burung kenari
Foto: Pixabay

Dijaga agar tetap tenang

Burung kenari yang akan diikutsertakan dalam kontes harus dibawa secara hati-hati dan sangkarnya harus ditutup dengan kain. Anda juga harus memerhatikan sirkulasi udara di dalam sangkar apabila jarak yang akan ditempuh cukup jauh.

Anda dapat membawa kenari dengan menggunakan kotak yang biasa digunakan untuk burung perkutut. Setelah sampai tujuan, kenari dipindahkan kembali ke sangkarnya. Sebelum dimasukkan ke kotak, badan kenari perlu dibasahi dengan air terlebih dahulu agar kenari lebih tenang di perjalanan. Jangan letakkan kenari pada mesin atau sumber panas lainnya.

Setibanya di tempat tujuan, kenari harus dijauhkan dari gangguan lingkungan. Burung harus dijaga tetap tenang. Penutup sangkar sudah bisa dibuka ketika burung sudah bergerak lincah. Apabila burung tiba di tempat tujuan pada malam atau sore hari, sebaiknya burung diberikan vitamin pada tempat air minumnya. Setelah burung meminumnya, isi tempat air minum tersebut dengan air putih dingin yang sudah dimasak.

Tempatkan sangkar burung di tempat yang terang dan jauhkan dari hal-hal yang dapat mengganggu ketenangannya.

Berikan waktu istirahat yang cukup

Sebelum ikut kontes, burung kenari harus diistirahatkan terlebih dahulu, minimal 1—2 jam. Apabila kenari telah menempuh jarak jauh, kenari harus diistirahatkan selama satu hari di tempat yang dekat dari lokasi kontes.

Selama masa istirahat, kenari harus diberikan pakan buah atau hiajuan. Selanjutnya, saat menjelang kontes, pakan tersebut harus dibersihkan agar tidak membuat kenari turun ke bawah untuk mengambil sisa pakan. Hal tersebut dapat menyebabkan nilai performa burung menurun.

Baca Juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Kayu Siwak

Waktu istirahat yang cukup dapat memulihkan kondisi fisik dan membuat penampilan kenari di arena kontes menjadi menarik.