Kiat Membuat Nafsu Makan Ikan Gurami Makin Tokcer

Pertanianku — Pertumbuhan ikan gurami ditentukan pula berdasarkan pakan yang dikonsumsi. Apabila ikan tidak memiliki nafsu makan yang bagus, asupan nutrisi yang masuk ke tubuh ikan tidak bagus juga. Nafsu makan timbul akibat adanya rangsangan melalui penglihatan, bau, dan rabaan ikan. Ketika timbul nafsu makan, alat pencernaan ikan akan bersiap-siap untuk menerima makanan dan mencernanya.

ikan gurami
foto: Pertanianku

Nafsu makan ikan gurami bisa dirangsang melalui beberapa cara berikut.

Makanan yang kaya nutrisi

Makanan yang diberikan untuk ikan gurami harus memenuhi persyaratan kandungan nutrisi. Makanan harus mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Bentuk dan ukuran pakan juga perlu diperhatikan, begitu pun dengan kestabilan makanan di dalam air. Bagian lain yang tidak kalah penting ialah teknik pengemasan pakan sebelum digunakan. Bagian ini juga dapat memengaruhi kualitas makanan.

Rasio konversi makanan

Rasio konversi makanan harus tepat. Bila berlebih, rangsangan pada ikan sudah menurun. Jumlah pakan yang dikonsumsi per hari oleh ikan biasanya berkisar 5–7 persen dari berat tubuh. Namun, jumlah tersebut bisa berubah karena berbagai hal, mulai dari kondisi lingkungan hingga kondisi kesehatan ikan.

Kondisi suhu juga dapat memengaruhi nafsu makan ikan. Ada ikan yang mengonsumsi 5 persen pakan pada musim kemarau, tetapi di musim dingin ikan hanya mengonsumsi 1 persen pakan. Suhu tinggi dapat menyebabkan metabolisme ikan berjalan lebih cepat karena ikan mengeluarkan energi yang lebih banyak.

Ukuran ikan akan memengaruhi jumlah konsumsi pakan harian. Semakin kecil ikan, jumlah pakan yang dikonsumsi juga kecil.

Kondisi kesehatan ikan

Ikan sehat memiliki rangsangan yang lebih tinggi terhadap pakan dibanding ikan sakit. Kondisi lingkungan yang baik dapat membuat ikan lebih nyaman dan sehat. Sebaliknya, bila lingkungan buruk, ikan lebih mudah stres dan sakit. Kondisi ikan yang sakit akan menurunkan rangsangan pada nafsu makan sehingga daya makan pada ikan menurun. Begitu pun nafsu makan pada gurami yang kaget akibat adanya gangguan pada penangkapan, biasanya ikan akan mengalami penurunan nafsu makan selama 5–8 hari.

Baca Juga:  Budidaya Lele, Bisnis yang Tidak Pernah Ada Matinya