Kiat Membuat Penampilan Ikan Louhan Semakin Eksotis

Pertanianku — Keindahan ikan louhan yang Anda miliki akan semakin terpancar apabila didukung dengan beberapa aksesoris. Aksesoris tersebut juga dapat membuat ikan senang karena louhan memiliki kebiasaan mengemut lalu memuntahkan benda-benda yang berada di dasar akuarium. Aksesoris yang bisa Anda tambahkan ke dalam akuarium adalah batu-batuan, latar akuarium, dan lampu.

ikan louhan
foto: Trubus

Batuan hias

Anda dapat memenuhi bagian dasar akuarium dengan bebatuan hias atau pasir bali. Pasir bali merupakan butiran kasar berwarna putih keabu-abuan. Selanjutnya, bebatuan hias yang dapat Anda gunakan adalah batu alam, batu kristal warna-warni, dan biomedia yang berbentuk macaroni.

Selain bebatuan dan pasir bali, Anda juga bisa menaruh bola-bola plastik sebesar kelereng yang menyerupai bebatuan. Batu-batuan tersebut akan melayang ketika ikan louhan mengaduk-aduknya.

Anda dapat mencampurkan bebatuan dan pasir agar dasar akuarium terlihat semakin cantik. Perbandingan jumlah antara pasir dan batu adalah 2:1. Jika hanya bebatuan yang disebar, louhan tidak bisa melakukan kebiasaan mengibaskan ekor atau meniup-niup pasir. Namun, bila hanya pasir, keunikan sifat louhan yang senang memindahkan bebatuan tidak bisa dilihat.

Keberadaan bebatuan dan pasir dapat membuat akuarium tampak lebih bersih karena kotoran dan sisa pakan akan tertutup. Namun, Anda harus membersihkan lendirnya setiap 1–2 minggu sekali.

Lampu dan latar akuarium

Lampu untuk akuarium ikan louhan sebaiknya berada di bagian depan. Jenis lampu yang dapat digunakan adalah TL, UV, dan actinic. Di antara jenis-jenis tersebut, TL lebih terkenal dibanding neon dan UV yang memancarkan warna putih.

Lampu tersebut hanya dihidupkan ketika Anda ingin menikmati keindahan tubuh louhan. Lampu yang terlalu lama dinyalakan dapat menyebabkan suhu air berubah menjadi panas dan warna louhan malah menjadi pucat.

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname Superintensif, Panen Dua Kali Lipat

Perubahan warna tubuh louhan juga bisa terjadi apabila Anda salah memilih latar akuarium. Anda dapat menggunakan latar panorama alam yang didominasi dengan warna biru. Sebaiknya, hindari penggunaan latar berwarna putih.