Kiat Membuat Tabulampot Belimbing Menghasilkan Buah Besar

Pertanianku — Belimbing termasuk salah satu tanaman buah yang bisa Anda jadikan sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot). Cara perawatannya pun tidak begitu sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan bila ingin menghasilkan buah yang jumbo. Berikut ini kiat-kiat membuat tabulampot belimbing menghasilkan buah besar.

tabulampot belimbing
foto: Trubus

Mengeringkan media tanam

Meskipun berasal dari satu tanaman yang sama, tingkat kemanisan buah bisa berbeda-beda. Penyebabnya adalah luas penampang ranting dan cabang. Hampir sama seperti durian, buah yang tumbuh di cabang dekat batang lebih manis ketimbang buah di ujung cabai atau ranting yang jauh dari batang. Oleh karena itu, sebaiknya pilih buah yang tumbuh di batang.

Membuat buah tumbuh di batang sebenarnya tidak sulit. Dibandingkan dengan tanaman buah lain, belimbing dinilai paling mudah berbunga dan berbuah. Perlakuan membuahkan belimbing di batang sebaiknya dilakukan pada tanaman yang telah berumur di atas satu tahun.

Bunga-bunga yang muncul sebelum tanaman berumur 1 tahun harus dibuang semua agar tanaman tidak stres. Ukuran yang paling aman untuk membuahkan belimbing jumbo ialah pohon telah berdiameter 2,5 cm atau di atas 3 tahun.

Pengalaman pekebun belimbing di Lampung Selatan, dengan mengeringkan media 3–4 hari tanpa disiram dapat membuat bakal bunga bermunculan dari ranting hingga batang.

Berani rompes

Setelah bakal bunga bermunculan, semua pucuk atau ujung ranting dipangkas. Panjangnya kira-kira 1–2 cm dari ujung pucuk. Pemangkasan ini bertujuan agar semua nutrisi hasil fotosintesis yang dipakai untuk pertumbuhan pucuk dapat dialihkan pada proses perkembangan bunga.

Pemangkasan membuat bunga yang muncul 2–3 kali lipat dibanding tanpa pemangkasan. Dengan begitu, tajuk dan batang seolah diselimuti bunga berwarna kemerahan.

Baca Juga:  Untung Besar dari Pisang Batu Penghasil Daun Pembungkus

Selanjutnya, perompesan bunga. Pilihlah bunga yang tumbuh di batang dan buang bunga yang muncul di cabang dan ranting.

Seleksi buah

Buah pentil berukuran 5 cm akan muncul di batang setelah 25–30 hari sejak bunga mekar. Di saat itulah perlu dilakukan seleksi buah. Buah yang bentuknya sempurna dan sehat dapat dipertahankan. Sementara itu, buah yang cacat dan kuntet dibuang. Untuk 1 dompolan cukup disisakan 1–2 buah.

Pembungkusan buah

Bungkus buah dengan kertas koran atau kertas karbon agar terhindar dari serangan hama. Buah sudah bisa dipanen setelah 90 hari sejak bunga keluar.