Kiat Membuat Tanaman Buah Tin Rajin Berbuah

Pertanianku — Merawat tanaman memang tidak begitu mudah karena Anda perlu melakukannya dengan tepat. Perawatan yang salah justru akan membuat tanaman tidak bisa tumbuh maksimal, seperti sulit berbuah. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat memulai bertanam adalah mengenal tanaman dengan baik. Tanaman buah tin bisa Anda budidayakan langsung di lahan ataupun di pot.

tanaman buah tin
foto: Pixabay

Tanaman buah tin tumbuh subur pada suhu 21–27°C dengan kelembapan tinggi. Buah ini membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari saat pertumbuhan, perkembangan, dan proses pematangan buah.

Agar tanaman buah tin yang Anda pelihara tumbuh subur dan rajin berbuah, simak ulasan cara merawat tanaman buah tin di bawah ini.

Penyiraman

Buah tin tetap membutuhkan penyiraman teratur, terutama awal pertumbuhan. Penyiraman idealnya dilakukan 1–2 minggu sekali. Namun, penyiraman tidak dilakukan selama pembentukan buah karena dapat menyebabkan pecah buah (cracking) dan rasanya kurang manis.

Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan dengan memotong batang utama pada ketinggian 60 cm dari permukaan tanah. Selanjutnya, cabang samping yang panjangnya 60 cm dipangkas sejauh 40–50 cm dari pangkal cabang. Tinggi tanaman juga sebaiknya tidak lebih dari 2 m.

Pemangkasan untuk meningkatkan pembentukan buah dilakukan dengan pemangkasan pucuk cabang. Pucuk dipangkas setelah menghasilkan delapan helai daun agar nutrisi untuk pertumbuhan cabang baru dialihkan dan lebih terfokus pada produksi buah.

Pemangkasan akar juga perlu dilakukan agar terbentuk akar baru yang mampu menyerap hara lebih baik. Pemangkasannya bersamaan dengan penggantian pot (repotting). Akar yang digunting sebanyak 1/3 bagian dengan gunting tajam yang direndam dalam larutan pemutih atau clorox (dengan perbandingan 1:10).

Pemupukan

Pemupukan perlu disesuaikan dengan umur tanaman. Pada umur 3 bulan, tanaman diberikan NPK 15:10:15 sebanyak 150 gram per pohon. Pupuk diberikan sebanyak empat bulan sekali. Dosis pemupukan terus meningkat seiring dengan bertambahnya umur tanaman. Saat tanaman berumur dua tahun, pupuk diberikan sebanyak 250 gram per pohon, tanaman yang berumur 3–4 tahun diberikan 350 gram per pohon, dan tanaman yang berumur 5 tahun diberikan sebanyak 500 gram per pohon.

Baca Juga:  Sederet Alasan untuk Segera Menggunakan Pupuk Organik

Tanaman buah tin juga perlu diberikan pupuk kandang hingga berumur 5 tahun sebanyak 500 gram per pohon. Pupuk kandang diberikan satu tahun sekali.