Kiat Mencegah Kambing Terserang Penyakit Kudis

Pertanianku Penyakit kudis pada kambing termasuk penyakit menular ke manusia (zoonosis). Oleh karena itu, penyakit ini harus ditangani dengan langkah yang benar agar tidak menular ke kambing-kambing yang masih sehat. Penyebab kudis adalah tungau parasit Sarcoptes scabiei. Tungau tersebut berukuran 0,2–0,5 mm. Kudis sering kali menyerang kambing yang jarang dimandikan, disikat, atau dalam keadaan-keadaan sangat kotor karena kurang terawat.

penyakit kudis
foto: Pertanianku

Kambing yang terserang kudis akan merasa gatal-gatal dan terlihat gelisah. Kulitnya merah menebal, berkeropeng, dan bulunya rontok. Kambing juga akan kehilangan bobot badan sehingga terlihat kurus. Penyakit kudis pada kambing umumnya menyerang bagian muka, telinga, kepala, leher, dan pangkal ekor.

Kudis yang tidak segera diobati akan menyebabkan ternak mati secara merana. Kambing yang sudah terserang penyakit harus segera diasingkan dan dirawat di tempat yang hangat. Selama masa perawatan, kambing harus mendapatkan pakan yang bergizi, lalu diobati.

Perawatan kambing yang terserang tungau dilakukan dengan mencukur bulu rambut sekitar luka. Borok-borok yang muncul harus dibersihkan dengan air hangat dan sabun. Setelah itu, ternak dimandikan dengan air yang sudah diberikan larutan bubuk Neguvon.

Setelah dimandikan, ternak dibiarkan di tempat terbuka agar dapat berjemur atau tubuhnya mengering karena terkena angin. Selanjutnya, pengobatan dilakukan secara teliti dengan mengolesi obat luka atau kudis Caviam di daerah kepala, telinga, dan sela-sela kaki. Pasalnya, pada bagian tersebut biasanya tungau penyebab kudis suka bersarang karena bagian tersebut tersembunyi. Pengobatan dapat diulangi kembali pada 14 hari kemudian.

Penyakit kudis bisa dicegah dengan menjaga kebersihan kandang dan kambing. Kandang harus disemprot dan dibersihkan dengan disinfektan, misalnya Ewawo Perex 20 EC. Setiap liter obat dilarutkan dengan 40 liter air. Setiap satu liter larutan bisa disemprotkan pada kandang seluas 20 m2. Kandang yang kotor turut menjadi penyebab kudis pada kambing.

Baca Juga:  Penyebab Feses Ayam Basah

Pencegahan juga dapat dilakukan dengan merawat ternak yang sehat terlebih dahulu. Setelah itu, Anda baru merawat ternak kambing yang sedang sakit. Peralatan yang digunakan untuk merawat ternak sakit harus segera dibersihkan agar tidak jadi media penyebar penyakit.