Kiat Mendapatkan Biji Kopi yang Berkualitas dan Segar

Pertanianku — Kopi memiliki perjalanan yang cukup panjang untuk sampai ke cangkir Anda. Perjalanannya dimulai dari produksi biji kopi, panen, sangrai, hingga pengemasan. Seluruh proses tersebut akan memengaruhi kualitas dan tingkat kesegaran kopi yang akan Anda dapatkan.

biji kopi
foto: pixabay

Kopi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Apalagi, saat ini kedai-kedai kopi sudah menjamur di mana-mana, terutama di kota padat penduduk. Kini, kopi sudah cukup mudah didapatkan dan dijual dalam berbagai bentuk kemasan. Anda bisa memilih beli kopi yang sudah diolah menjadi bubuk dan ditambahkan komposisi seperti gula atau krimer. Atau, bahkan Anda bisa memilih untuk membeli biji kopinya saja.

Apabila Anda menginginkan kopi yang terasa segar, sebaiknya pilih biji kopi dengan kriteria berikut.

Umur biji kopi

Salah satu penentu kesegaran kopi adalah proses sangrai. Kopi yang sudah disangrai bisa bertahan satu bulan, bahkan ada beberapa sumber yang menyebutkan hanya 14 hari.

Oleh karena itu, menikmati kopi yang segar bisa dilakukan dengan menggunakan biji yang sudah disangrai empat atau sepuluh hari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan kopi masih melepas gas karbon setelah empat hari proses sangrai sehingga rasa aslinya belum muncul. Tingkat kesegaran kopi akan menurun secara drastis setelah 14 hari pascasangrai.

Untuk mendapatkan kualitas kopi terbaik, sebaiknya pilih kopi yang berusia tidak lebih dari 10 hari setelah disangrai. Pilihlah roaster yang mencantumkan tanggal sangrai pada kemasannya. Jadi, jangan terkecoh dengan roaster yang hanya mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

Kemasan kopi

Saat memilih kopi, sebaiknya perhatikan juga kemasan yang digunakan oleh produsen. Sebaiknya, jangan memilih kopi yang dikemas dengan plastik undangan perkawinan (plastic seal) atau majalah dan kayu. Hal ini dikarenakan biasanya produsen lebih perhatian terhadap kemasannya dibanding kualitas kopi. Akan lebih baik bila kopi dikemas dengan kemasan one way valve.

Perputaran produk

Baca Juga:  Keistimewaan Andaliman yang Membuatnya Jadi Komoditas Ekspor

Pilihlah roaster yang memiliki perputaran produk yang cepat. Sebaiknya, jangan pilih roaster yang memiliki produk kopi yang sudah berumur lebih dari satu bulan, kecuali bila Anda ingin membuat espresso.