Kiat Mendapatkan Buah Jambu Air yang Bagus

Pertanianku — Budidaya jambu air tidak begitu sulit dilakukan, bahkan lahan yang akan digunakan tidak perlu diolah terlebih dahulu. Lahan tersebut hanya perlu dibersihkan dari gulma, terutama alang-alang yang akan menjadi pesaing berat tanaman jambu air. Namun, tanaman tetap butuh dirawat atau dibudidayakan dengan baik bila Anda ingin mendapatkan buah jambu air yang berkualitas bagus dan manis.

buah jambu air
foto: Pertanianku

Tanaman jambu air sudah memerlukan pemeliharaan khusus sejak terjadinya pembuahan hingga buah dipetik. Berikut ini kiat mendapatkan buah jambu air yang bagus.

Pemberian pestisida

Selama pertumbuhannya, buah tidak lepas dari berbagai gangguan faktor luar, seperti kulit cacat terserang hama atau penyakit, ukuran buah kecil-kecil, serta penampilannya tidak memuaskan. Dahulu, penyemprotan pestisida dilakukan seminggu sekali pada daun dan buah untuk pengendalian serangan hama dan penyakit.

Akan tetapi, perlakuan ini sekarang tidak dianjurkan karena penggunaan pestisida dapat meninggalkan residu. Sebaiknya, serangan hama dan penyakit diatasi dengan melakukan pengamatan sedini mungkin sehingga bagian tanaman yang terserang dapat dihilangkan atau dikendalikan.

Penjarangan

Penjarangan dilakukan setelah bakal buah berkembang dan bentuknya sudah jelas akan menjadi buah yang sempurna. Sambil dijarangkan, sekaligus dilakukan seleksi. Dengan penjarangan, zat makanan yang harusnya untuk pembesaran buah yang berjumlah banyak tersalurkan untuk beberapa buah saja sehingga pertumbuhannya dapat lebih besar.

Selain itu, bentuk buah menjadi lebih baik karena ruang pada tiap tandan menjadi lebih longgar untuk perkembangan buah. Warna buah juga menjadi lebih menarik karena mendapat sinar matahari yang lebih merata dan sempurna.

Pemupukan

Agar kondisi tanaman tidak menurun setelah berbuah, Anda perlu memberikan pemupukan secara intensif. Tanaman yang berbuah terlalu lebat pada suatu musim biasanya akan berbuah sedikit saat musim berikutnya. Hal tersebut disebabkan oleh banyak persediaan karbohidrat yang terpakai untuk pembuahan itu.

Baca Juga:  Konsumsi Salak, Cara Sederhana Turunkan Kolesterol

Pembungkusan buah

Buah yang rentan serangan lalat buah sebaiknya dibungkus dengan kantong plastik, kertas semen, atau bahan lainnya. Perlakuan itu selain menyelamatkan buah dari gangguan hama, juga dapat membuat warna buah menjadi lebih menarik dan ukurannya lebih besar dibanding yang tidak dibungkus.

Petik buah di waktu yang tepat

Waktu pemetikan yang tepat sangat menentukan mutu dan rasa buah. Bila dipetik belum tua atau terlalu masak di pohon, buah kurang enak rasanya. Pemetikan buah yang tepat sangat bergantung pada jenis, varietas, dan iklim setempat.