Kiat Mengatasi Hama Ulat yang Menyerang Tanaman Tomat

Pertanianku — Salah satu hama yang meresahkan karena sering menyerang tanaman tomat adalah ulat. Hama ini dapat membuat kualitas buah dan tanaman menurun. Ada dua jenis hama ulat yang kerap mengganggu tanaman tomat, yaitu ulat grayak dan ulat penggerek buah.

hama ulat
foto: Pixabay

Sebenarnya, cara mengendalikan jenis-jenis ulat yang menyerang tanaman tomat hampir serupa, tetapi gejala yang muncul dari masing-masing jenis berbeda sehingga Anda perlu mengenali jenis-jenis hama ulat. Berikut ini beberapa cara mengatasi serangan ulat.

Ulat grayak

Ulat grayak dapat membuat permukaan daun atas memiliki bercak putih transparan. Sementara itu, larva ulat grayak dapat memakan habis daun tanaman dan hanya menyisakan bagian tulang daunnya. Serangan kutu kebul akan menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat.

Pengendalian hama ulat grayak dapat dilakukan dengan cara memusnahkan telur dan ulat tanaman. Anda juga bisa menggunakan abu kayu untuk mencegah serangan ulat grayak. Taburkan abu di sekitar perakaran tanaman atau dicampur dengan air dan disemprotkan ke tanaman.

Ulat penggerek buah

Ulat penggerek buah akan menyerang buah tomat yang masih muda dengan cara melubanginya. Pada musim hujan, ulat buah sering terkontaminasi dengan jamur sehingga tomat yang terserang mudah busuk. Pengendalian hama ulat penggerek buah dapat dilakukan dengan membuang ulat dan telur yang terlihat di kebun.

Buang buah yang sudah diserang hama agar hama tidak berkembang biak di kebun. Anda juga bisa membuat pestisida alami dengan tanaman kunir yang dicampur dengan urine sapi.

Pada dasarnya cara pengendalian ulat penggerek buah hampir sama seperti pengendalian ulat grayak. Serangan ulat penggerek buah bisa dikendalikan secara mekanis dengan cara menjebaknya. Berikut ini langkah-langkah menjebak ulat penggerek buah.

  • Pasang perangkap dengan menggunakan cahaya ultraviolet karena ngengat sangat menyukai cahaya tersebut.
  • Kumpulkan, bakar, dan bunuh telur beserta ulatnya.
  • Bersihkan tanaman liar di sekitar areal penanaman tomat.
Baca Juga:  Cabai Katokkon Mulai Dilirik

Ulat tanah

Ulat tanah (Agrotis sp) sering menyerang tanaman tomat dengan cara mematahkan tanaman muda dan bisa diberantas dengan Rhocap 10G 0,1% di sekitar tanaman.