Kiat Menghasilkan Lada Bermutu Tinggi

Pertanianku— Lada yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh cara perawatan yang dilakukan oleh pekebun sehingga cara perawatan tidak bisa dilakukan sembarangan. Semakin tinggi mutu lada, akan semakin tinggi harga jualnya. Oleh karena itu, para pengusaha harus berupaya menghasilkan lada bermutu tinggi.

lada bermutu tinggi
foto: Pertanianku

Lada bermutu tinggi dapat lebih mudah bersaing di pasar ekspor sehingga pemasarannya bisa menjadi lebih luas. Hal yang harus diingat pengusaha ialah standar mutu lada di setiap negara berbeda-beda sehingga pengusaha harus menerapkan standar mutu sesuai dengan negara tujuan.

Mendapatkan lada bermutu tinggi bukan perkara yang mustahil, pengusaha tetap bisa mendapatkannya meski harus mengeluarkan ekstra tenaga dan materi. Berikut ini kiat-kiat mendapatkan lada berkualitas.

Panen buah lada tepat pada waktunya

Panen lada tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus disesuaikan dengan tujuan produk yang diinginkan. Untuk mendapatkan lada hijau, panen sudah bisa dilakukan ketika buah sudah masak susu. Sementara itu, untuk lada hitam dilakukan ketika buah sudah masak penuh dan untuk lada putih dilakukan pada masa petik.

Meningkatkan pengetahuan petani

Kualitas pengetahuan petani sangat memengaruhi lada yang dihasilkan sehingga pengusaha harus memberikannya agar mampu mengetahui kelas mutu lada. Misalnya, mutu lada putih, lada putih, lada putih campuran, lada hitam enteng menurut SNI, lada Malaysia, dan lada yang diusulkan oleh IPC yang sudah memasukkan kandungan mikroorganisme.

Petani juga perlu mengetahui proses pengolahan lada yang benar agar mendapatkan lada bermutu tinggi. Bayangkan, jika petani tidak mengetahui cara pengolahan lada yang benar, bisa-bisa lada diolah sembarangan sesuai dengan kapasitas pengetahuan yang dimilikinya.

Kemampuan petani mengolah lada

Tidak hanya pengetahuan, kemampuan petani juga perlu ditingkatkan agar mampu melaksanakan proses pengolahan lada denga cara yang benar serta mengoperasikan sarana dan prasarana pengolahan.

Baca Juga:  Mentan Syahrul Dorong Hutan Sagu Papua Barat Jadi Agrowisata

Berikan insentif harga pada produk lada berkualitas

Tidak semua petani mampu menghasilkan lada berkualitas tinggi. Oleh karena itu, berikan insentif harga yang lebih tinggi kepada produk lada petani yang berkualitas. Pasalnya, petani tersebut pasti sudah melakukan proses pengolahan dengan cara yang benar.