Kiat Menghemat Pakan Ayam Tanpa Memengaruhi Produktivitas

Pertanianku Pakan ayam merupakan salah satu komponen penting dan sangat memengaruhi besaran biaya operasional. Komposisi biaya pakan di dalam biaya operasional dapat mencapai 65–80 persen dari total biaya produksi. Oleh karena itu, peternak harus menerapkan kebijakan yang tepat agar harga pakan tidak melambung tinggi, tetapi produktivitas ayam tetap bertahan bagus.

pakan ayam
foto: Trubus

Salah satu upaya yang paling tepat untuk menghemat biaya pakan adalah meracik atau membuat formulasi pakan sendiri. Namun, cara ini berisiko menyebabkan kandungan nutrisi di dalam pakan kurang ideal. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi di dalam pakan yang akan dibuat untuk disesuaikan dengan kebutuhan ayam, strain ayam, tingkat konsumsi harian, umur ayam, dan suhu lingkungan.

Saat memutuskan untuk meracik pakan sendiri, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tabel bahan baku pakan ayam yang tersedia di wilayah Anda beserta dengan harga jualnya. Dengan cara tersebut, Anda dapat mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam bahan baku dan akan diformulasikan menjadi pakan yang ideal.

Selain itu, menyusun pakan harus memperhatikan biaya yang dibutuhkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui harga jualnya. Pakan ideal untuk ternak adalah pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak dan sesuai dengan perkembangan umur ternak. Jadi, ternak tidak akan mengalami defisiensi nutrisi.

Pakan dikatakan ideal bila dapat diproduksi secara maksimal dengan biaya serendah-rendahnya. Biaya produksi dihitung berdasarkan bahan-bahan yang akan digunakan.

Membuat pakan sendiri dapat dimulai dengan menentukan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam sesuai dengan strain, umur, dan lingkungan. Setelah itu, Anda perlu menentukan bahan baku yang akan digunakan beserta dengan kandungan nutrisinya. Selanjutnya, Anda harus melihat biaya bahan baku yang akan digunakan untuk membuat pakan. Terakhir, Anda dapat menentukan bahan baku yang akan digunakan dengan mempertimbangkan harga dan mutu yang paling baik.

Baca Juga:  Ayam Kamper, Cocok Jadi Pedaging dan Petelur

Adapun metode formulasi pakan yang dapat digunakan adalah metode segi empat, metode coba-coba (trial and error method), metode persamaan simultan, dan metode sistem komputer. Di antara keempat metode tersebut, metode segi empat menjadi metode yang paling mudah, sederhana, dan dapat langsung diterapkan.