Kiat Menghindari Masalah di Kandang Ayam yang Sering Terjadi Saat Pancaroba

Pertanianku— Setiap perubahan cuaca atau musim pancaroba, biasanya akan terjadi penurunan daya tahan tubuh pada ayam. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan persiapan untuk menyambut perubahan cuaca dari musim hujan ke musim panas, begitu pun sebaliknya. Berikut ini beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk melewati masa pancaroba tanpa menimbulkan masalah di kandang ayam.

masalah di kandang ayam
foto: Trubus

Kesiapan kandang

Sebelum musim hujan tiba, Anda harus menyiapkan kandang agar bisa membuat ayam terasa aman dan nyaman. Bagian yang perlu Anda amati dari kandang ayam adalah kondisi atap, gudang, saluran air, air minum, dan lingkungan kandang. Bagian atap yang bocor harus segera diperbaiki agar tidak ada air yang masuk ke kandang dan membuat litter, pakan, bahkan ayam menjadi basah.

Saat produksi, Anda harus menjaga kondisi gudang agar tetap kering sehingga pakan yang tersimpan di dalamnya tidak mengalami penurunan mutu. Saat lantai gudang lembap, sebaiknya gunakan penyangga pakan yang terbuat dari kayu ataupun bambu.

Rumput dan semak yang tinggi di sekitar kandang harus dipotong untuk mencegah penularan penyakit melalui vektor lalat, tikus, dan nyamuk. Keberadaan rumput dan semak dapat menimbulkan bahaya yang cukup serius pada musim hujan.

Kesesuaian manajemen

Manajemen yang baik harus diterapkan pada manajemen biosekuriti, pakan, dan manajemen litter. Biosekuriti harus dilakukan pada semua alat dan petugas yang masuk ke kandang. Manajemen pakan yang digunakan harus memperhitungkan kondisi gudang selama musim hujan. Lindungi pakan dari kondisi lembap karena kondisi tersebut dapat memengaruhi mutu pakan, baik komposisi, bentuk, maupun aroma.

Kondisi litter harus tetap kering. Litter yang basah harus diganti secepatnya. Selama musim hujan, Anda harus memperhatikan persediaan litter karena terkadang penggunaannya meningkat saat intensitas hujan sedang tinggi.

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam yang Sedang Sakit

Kesiapan petugas

Petugas harus siap dengan kasus-kasus yang terjadi mendadak. Oleh karena itu, kesiapan petugas berperan penting untuk menanggulangi kondisi peralihan musim. Kesigapan petugas sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan suhu selama masa brooding, mengontrol kondisi atap, saluran air, kondisi gudang, serta lingkungan yang tidak bersahabat seperti membuka dan menutup layar saat musim hujan.