Kiat Menghindari Serangan Hama dan Penyakit di Rumah Kumbung Jamur

Pertanianku — Hama dan penyakit yang menyerang kerap disebabkan oleh penanganan yang salah dan kurang teliti sehingga mengakibatkan ada celah sebagai pintu masuk hama dan penyakit. Cara yang paling tepat untuk mengatasi dua hal tersebut adalah pencegahan. Berikut ini beberapa kiat sukses mencegah serangan hama dan penyakit di rumah kumbung jamur.

rumah kumbung jamur
foto: Pertanianku

Kelancaran sirkulasi udara

Sirkulasi udara yang baik ditandai dengan adanya pergerakan udara yang stabil, tidak deras, dan tidak berhenti. Pergerakan udara yang lancar sangat berguna untuk mencegah terjadinya kejenuhan uap air. Rumah kumbung jamur yang terlalu jenuh dengan uap air akan menyebabkan banyak sumber penyakit, baik itu dari debu, tungau, bakteri maupun virus.

Sementara itu, sirkulasi udara yang terlalu cepat dapat menyebabkan jamur dan baglog mengalami dehidrasi atau kehilangan air sehingga baglog cepat kering.

Kebersihan air

Air menjadi faktor utama yang menentukan kualitas dan daya taham media jamur. Air yang digunakan tidak boleh mengandung bahan kimia berbahaya, kandungan mineralnya terlalu banyak, dan mikroba patogen yang dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Air yang akan digunakan harus dijernihkan terlebih dahulu dengan mengalirkannya melalui bahan berupa kapas atau ijuk, pasir halus, arang batok kelapa, dan batu zeolit yang tersusun berlapis.

Pasteurisasi/sterilisasi yang sempurna

Steril menjadi kunci penting dalam budidaya jamur. Proses sterilisasi yang tidak sempurna dapat menyebabkan jamur liar mudah tumbuh dan menyebabkan pertumbuhan jamur utama yang diinginkan menjadi terhambat. Sterilisasi dapat dilakukan dalam autoklaf selama dua jam dengan suhu 121°C dan tekanan 1 lb. Selain itu, sterilisasi dapat dilakukan dengan pengukusan selama 8 jam dengan suhu 100°C.

Kebersihan pekerja

Pekerja yang bekerja di dalam rumah kumbung harus lebih diperhatikan tingkat kebersihannya. Sebab, hal ini sering menjadi salah satu bagian yang dianggap kurang penting. Padahal, pekerja yang lupa mencuci tangan, menggunakan pakaian yang tidak bersih, dan tidak menggunakan masker dapat menyebabkan kontaminasi. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang benar.

Baca Juga:  Jurus Jitu Membuat Tanaman Tomat Panen Setiap Hari

Kebersihan lingkungan

Lingkungan di dalam rumah kumbung dan di sekitar rumah kumbung perlu dijaga dengan baik karena kedua hal tersebut dapat memengaruhi proses budidaya. Rumah kumbung yang berada di dekat kandang ternak atau asap pabrik cenderung lebih mudah diserang hama dan penyakit.