Kiat Meningkatkan Kualitas Jerami untuk Pakan Sapi Potong

Pertanianku— Jerami terkenal sebagai salah satu bahan pakan ternak, tetapi pakan ini kurang bermutu. Jerami mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk sapi, seperti selulosa. Namun, selulosa sulit ditembus oleh getah penceraan ternak sapi. Itu sebabnya pakan sapi ini sebetulnya tergolong sulit dicerna, nilai cernanya hanya sekitar 30 persen. Artinya, bila sapi mengonsumsi 10 kg jerami, pakan jerami yang dicerna hanya 3 kg. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kini nilai cerna jerami dapat meningkat lebih tinggi menjadi 50 persen.

pakan jerami
foto: Pixabay

Mutu jerami dapat ditingkatkan dengan urea. Jerami yang akan dicampur harus ditimbang terlebih dahulu. Jerami yang digunakan bisa dalam keadaan kering ataupun basah (segar). Untuk jerami kering, urea yang digunakan harus dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu. Setiap 100 kg jerami kering membutuhkan 100 liter air sebagai pelarut urea.

Adapun untuk jerami yang masih segar, urea tidak perlu dilarutkan ke dalam air. Urea yang digunakan untuk jerami basah sebanyak 10 persen dari berat jerami kering. Misalnya, jerami basah yang digunakan sebanyak 500 kg dengan kadar air 75 persen. Bobot jerami kering diketahui dari 500-(500×75 persen) = 125 kg.

Setelah diketahui berat jerami kering, jumlah urea yang digunakan untuk 500 kg jerami basah adalah 125×10/100 = 12,5 kg.

Pencampuran urea dengan jerami diawali dengan penebaran jerami kurang lebih setebal 19 cm. Selanjutnya, urea ditebarkan sedikit demi sedikit. Tebar kembali jerami, kemudian disusul dengan urea. Lakukan penebaran secara berlapis hingga seluruh jerami dan urea habis.

Pencampuran jerami dengan urea bertujuan agar ikatan silika dan lignin pada selulosa dapat hancur sehingga jerami lebih mudah dicerna. Selain itu, pencampuran ini juga dapat meningkatkan kandungan nitrogen (N) pada jerami.

Baca Juga:  Kiat Mencegah Kambing Terserang Penyakit Kudis

Ada cara lain untuk meningkatkan jerami sebagai pakan sapi, seperti mencampurkan jerami kering dengan tetes tebu dan mencampurkan jerami dengan larutan NaOH. Seluruh cara meningkatkan kualitas jerami tersebut bisa Anda dapatkan di buku Panduan Beternak Sapi Potong. Buku ini mengulas berbagai informasi penting terkait cara beternak sapi potong yang tepat dan efisien.

Buku Panduan Beternak Sapi Potong bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall dan Tokopedia Penebar Swadaya.