Kiat Meningkatkan Kualitas Susu Perah

Pertanianku Kualitas susu perah yang dihasilkan menjadi salah satu indikator yang dapat memengaruhi besaran keuntungan peternak. Kualitas susu sangat erat kaitannya dengan jenis pakan yang diberikan. Oleh karena itu, teknologi pengolahan pakan ternak terus disosialisasikan kepada peternak.

kualitas susu perah
foto: Pertanianku

Namun, masih ada faktor lain yang dapat memengaruhi kualitas susu perah yang dihasilkan dan faktor tersebut juga perlu untuk diperhatikan. Simak faktor-faktor tersebut di bawah ini.

Sanitasi dan higienitas pemerahan

Masih banyak peternak yang kurang awas terhadap sanitasi dan higienitas pemerahan sehingga susu perah yang dihasilkan mengalami kerusakan secara mikrobiologis. Susu yang dihasilkan tanpa sanitasi yang baik cenderung mengalami kerusakan fisik dan kimia secara drastis karena susu tersebut tercemar oleh mikroorganisme yang berada di lingkungan kandang, peralatan kadang, atau peralatan yang digunakan untuk memerah susu.

Higienitas sanitasi susu sapi meliputi kesehatan dan kebersihan kandang sapi, kesehatan dan kebersihan pemerah, perawatan peralatan kandang, perawatan peralatan pemerahan, penanganan limbah sapi, kondisi pemerahan, serta pengelolaan susu.

Kondisi kesehatan ternak

Ternak yang sehat pasti akan menghasilkan susu berkualitas. Itu sebabnya Anda perlu memerhatikan kesehatan ternak agar ternak mampu menghasilkan susu yang aman dan layak konsumsi. Penyakit yang sedang diidap oleh ternak dapat mencemari susu secara internal dan eksternal. Mikroorganisme tersebut akan tumbuh dan berkembang biak pada susu yang menjadi substrat baginya.

Selain terkontaminasi mikroorganisme, susu yang dihasilkan oleh sapi yang tengah sakit tidak akan optimal. Pasalnya, sistem metabolisme tubuh dan sistem homornal tubuh sangat memengaruhi produktivitas ternak.

Manajemen pemerahan

Terapkan manajemen pemerahan sapi perah yang baik agar kualitas susu yang dihasilkan tidak terganggu. Pemerahan harus memerhatikan keselamatan peternak dan ternak, kenyamanan ternak, serta higienitas pemerahan. Keamanan dan kenyamanan ternak sangat perlu diperhatikan karena memengaruhi pelepasan hormon endorfin dan oxytocin yang dapat berimbas pada produksi ternak.

Baca Juga:  Resep Bakso Daging Sapi Sehat

Jenis ternak

Jenis sapi yang diternakkan akan memengaruhi kualitas susu sapi perah yang dihasilkan. Misalnya, jenis sapi grati mengandung lemak yang lebih tinggi dibanding jenis FH.

 


loading...