Kiat Meningkatkan Nafsu Makan Itik

Pertanianku — Perkembangan itik dapat berlangsung dengan baik bila itik mendapatkan asupan pakan yang sesuai, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Namun, masih ada hal lain yang berkaitan dengan pakan yang perlu Anda ketahui, yakni nafsu makan. Nafsu makan itik dapat dipengaruhi oleh lima faktor berikut.

nafsu makan itik
foto: pertanianku

Pakan basah

Itik tidak menyukai pakan yang kering. Bila dipaksakan, jumlah pakan yang dikonsumsi akan sangat sedikit. Itu sebabnya Anda perlu menyediakan pakan yang basah. Pakan tersebut wajib mengandung air dengan kadar antara 18–20 persen. Pemberian pakan dalam jumlah yang secukupnya dan berulang lebih baik daripada memberikannya dalam jumlah banyak sekaligus.

Menambahkan probiotik ke pakan

Probiotik mengandung banyak bakteri baik yang dapat menjaga fungsi sistem pencernaan. Anda dapat menggunakan synbiotic yang merupakan campuran karbohidrat dan probiotik. Kedua produk ini sudah dijual bebas di pasar hewan sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Berikanlah probiotik/synbiotic dengan takaran sesuai petunjuk di kemasannya.

Jamu daun pepaya

Daun pepaya dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan itik. Daun pepaya mengandung flavonoid yang dapat memperbaiki daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya rasa nyeri. Anda dapat memberikan air daun pepaya untuk membuat itik bugar sehingga nafsu makannya pun terjaga.

Menambahkan obat herbal

Anda dapat memanfaatkan kunyit, bawang putih, temulawak, brotowali, lempuyang, dan temu ireng. Seluruh bahan alami tersebut diolah menjadi obat herbal yang dapat merangsang kebutuhan glukosa yang banyak tersedia di pakan. Obat herbal dapat diberikan secara langsung pada itik atau dicampur terlebih dahulu ke dalam pakan itik.

Penyedap rasa

Itik sama seperti manusia yang bisa merasakan pakan yang diberikan. Itu sebabnya menambahkan penyedap rasa ke dalam pakan dapat memengaruhi nafsu makan itik. Penambahan penyedap rasa sebanyak 3 gram per kilogram pakan terbukti mampu meningkatkan nafsu makannya. Penyedap rasa yang diberikan bisa berupa vetsin.

Baca Juga:  Tanda-tanda Itik akan Bertelur

Namun, Anda tidak diperbolehkan menggunakan penyedap rasa secara berlebihan. Pasalnya, penyedap rasa tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan itik.