Kiat Menjaga Air Kolam Ikan Lele Tetap Berkualitas Baik

Pertanianku — Tak dimungkiri kualitas air kolam akan menurun seiring dengan berjalannya waktu pemeliharaan. Namun, penurunan kualitas tersebut dapat Anda atasi dengan pengelolaan air yang tepat. Kualitas air kolam ikan lele yang sudah menurun akan ditandai dengan munculnya bau busuk. Biasanya, kondisi ini terjadi setelah 10 hari masa pemeliharaan. Bau ditimbulkan dari sisa pakan dan kotoran yang membusuk dan mengendap di dasar kolam.

air kolam ikan lele
foto: pertanianku

Apabila kondisi air kolam ikan lele dibiarkan kotor, kemungkinan besar benih yang berada di dalamnya akan stres dan kehilangan nafsu makan. Bahkan, tak jarang kondisi ini dapat menyebabkan kematian pada benih.

Untuk mencegah hal buruk terjadi, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti di bawah ini.

Berikan pupuk higienis

Jika kualitas air sudah jelek seperti berbau amis dan nafsu makan ikan terlihat berkurang, Anda dapat melakukan tindakan sebagai berikut.

  • Buang 2/3 air kolam di bagian dasar agar kotoran ikan dan sisa pakan yang berada di dasar kolam ikut terbuang.
  • Setelah itu, isi kembali kolam dengan air baru hingga ketinggiannya kembali seperti semula.
  • Tambahkan pupuk higienis dengan dosis setengah dari anjuran.

Perlakuan tersebut dapat membuat kualitas air membaik dalam hitungan 2–4 jam. Kondisi ikan ikut kembali pulih, begitu pun dengan nafsu makannya.

Pupuk higienis terbuat dari ¼ kg dedak halus atau ½ kg dedak kasar, ½ sendok teh ragi, dan ½ liter air yang dicampurkan sedikit demi sedikit. Adonan diaduk hingga rata. Pupuk higienis tidak boleh terlalu encer ataupun terlalu padat. Setelah itu, campuran dibiarkan selama 10–12 jam hingga baunya menyerupai tapai.

Campuran dedak dan ragi perlu dicampur kembali dengan 1 liter air. Bila Anda menggunakan dedak kasar, pupuk perlu disaring terlebih dahulu sebelum digunakan. Dosis ini dapat diberikan untuk kolam seluas 10 m2.

Baca Juga:  Kebiasaan Lele di Habitat Aslinya

Pemupukan susulan

Biasanya, setelah 4–5 hari masa pemeliharaan, kondisi warna air sudah berubah menjadi bening kembali. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat mengancam kehidupan lele. Untuk mempertahankan warna hijau pada kolam, Anda perlu melakukan pemupukan susulan di hari ke-3 sejak pemupukan pertama. Jenis pupuk yang digunakan sama, tetapi dosisnya dikurangi atau hanya setengahnya.

Kondisi air kolam akan berubah kembali hijau dan berlendir. Bau air di dalam kolam menjadi harum menyerupai air kelapa muda.