Kiat Menjaga Kesehatan Burung Pleci agar Tidak Mati Mendadak

Pertanianku— Sebagai pemilik burung pleci yang mungil, Anda harus mengetahui cara mencegah penyebab penyakit. Pasalnya, burung ocehan mungil ini bisa mati tanpa sebab yang pasti, apalagi untuk bakalan muda yang baru didatangkan dari pengepul burung di daerah. Jadi, cara terbaik untuk mencegah kematian secara tiba-tiba tersebut adalah menjaga kesehatan burung pleci agar tetap prima.

 

burung pleci
foto: Pixabay

Perawatan yang baik dapat membuat daya tahan tubuhnya lebih kuat. Kasus penyakit yang menjangkit pada burung ocehan mungil ini belum diketahui secara pasti. Hal ini karena eksistensi pleci tidak begitu tinggi.

Namun, burung mungil ini relatif mudah mati secara mendadak tanpa menunjukkan gejala serangan penyakit. Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan selama menjaga kesehatan burung pleci peliharaan, yakni musim yang ekstrem serta asap dan bau yang menyengat.

Musim yang ekstrem

Pergantian musim dan cuaca ekstrem harus Anda waspadai. Jangankan burung pleci yang bertubuh mungil, burung yang lebih besar pun bisa mengalami efek buruk dari musim yang ekstrem.

Pada kondisi cuaca yang tidak stabil, seperti panas terik, lalu tiba-tiba berubah menjadi mendung dan hujan bisa mengganggu kesehatan burung. Anda harus memastikan suplai makanan burung mencukupi dan penempatan kandang burung. Burung harus ditempatkan di ruangan yang sejuk.

Jauhkan dari asap dan bau menyengat

Tahukan Anda, bau dan asap menjadi salah satu faktor penyebab kematian burung pleci. Oleh karena itu, Anda perlu mengantisipasi kedua hal tersebut sebelum terlambat. Asap yang berlebihan bisa membuat kondisi fisik burung mungil ini melemah dan mati mendadak.

Anda perlu waspada terhadap beberapa jenis asap, yakni asap dari kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, asap pembakaran obat nyamuk, dan asap mesin diesel yang baru dihidupkan. Bahkan, burung pleci sebaiknya dijauhkan dari asap rokok agar kondisinya tetap prima dan sehat.

Baca Juga:  Langkah-langkah Merawat Kelinci yang Sedang Sakit

Selain asap, Anda juga perlu waspada dengan bau, terutama bau yang disebabkan oleh bahan kimia. Bila bau tersebut sampai terhirup oleh pleci, bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba.