Kiat Menjaga Kualitas Pakan Sapi Potong agar Tetap Bagus

Pertanianku — Pakan berkualitas menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh peternak agar pertumbuhan ternak berlangsung secara optimal. Kualitas pakan sapi potong dapat menurun seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kiat-kiat menjaga kualitas pakan sapi potong agar penurunan kualitas menjadi lebih lambat.

pakan sapi potong
foto: Pertanianku

Jerami

Jerami yang baik untuk sapi adalah jerami kering dan tidak busuk atau berjamur. Kualitas jerami tersebut dapat dijaga dengan cara penyimpanan yang benar. Jerami harus disimpan di tempat yang ternaungi atau beratap agar jerami tidak terkena hujan secara langsung dan menyebabkan jerami menjadi basah, lembap, atau busuk.

Jika jumlah jerami yang dimiliki terlalu banyak, jerami tersebut boleh diolah menjadi jerami fermentasi atau jerami amoniasi agar daya tahannya lebih lama.

Hay

Hay merupakan hijauan yang sudah dikeringkan dan dapat diberikan langsung pada ternak. Kualitas hay dapat tetap terjaga jika disimpan pada tempat kering yang terhindar dari air hujan atau tempat yang terlalu lembap agar hay tidak ditumbuhi oleh jamur.

Silase

Kualitas silase dapat dipertahankan dengan membuat tempat penyimpanan silase tetap berada dalam kondisi anaerob atau tidak terkontaminasi udara bebas. Oleh karena itu, ketika silase akan digunakan, Anda perlu mengambil secukupnya, kemudian langsung tutup wadah penyimpanan kedap udara.

Silase yang berkualitas bertekstur seperti hijau daun, aromanya wangi seperti tapai berwarna hijau dengan sedikit gradasi cokelat, tidak berjamur tidak berlendir, dan tidak menggumpal.

Aneka rumput

Ada banyak jenis rumput yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan sapi potong. Peternak bisa membudidayakan jenis-jenis rumput unggul seperti rumput gajah untuk mengefisiensikan biaya pakan. Rumput yang dibudidayakan sendiri biasanya mengandung nutrisi yang lebih tinggi dan jumlahnya lebih terjamin dibanding rumput liar.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Kroto yang Benar agar Bertahan Lama

Nutrisi tertinggi pada rumput hijau berada pada rumput yang dipanen ketika menjelang tanaman berbunga.

Kiat-kiat lain mengenai pakan sapi potong dapat Anda simak dalam buku Pakan Sapi Potong yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya.