Kiat Menyiapkan Anak Kandang untuk Peternakan Ayam

PertaniankuAnak kandang merupakan tenaga kerja yang akan menjalankan usaha peternakan ayam. Tenaga kerja ini bisa berasal dari pemilik peternakan sendiri atau mempekerjakan orang lain. Sebetulnya, tidak ada kriteria khusus untuk menjadi anak kandang. Akan tetapi, ia harus memiliki sifat mengasuh dan penuh kasih sayang terhadap ayam-ayam di peternakan.

anak kandang
foto: Trubus

Meskipun tidak memiliki kriteria khusus, Anda sebagai pemilik peternakan harus membentuk anak kandang sebagai tenaga kerja yang baik agar usaha budidaya berjalan lancar. Pekerja yang baik akan memiliki feeling yang kuat terhadap kondisi ayam. Hal tersebut tentunya menguntungkan Anda karena semuanya teridentifikasi dengan cepat. Berikut ini beberapa tips mengelola pekerja kandang.

Memberikan contoh

Tidak hanya bisa menyuruh, Anda juga harus mampu mencontohkan hal-hal yang baik. Itu sebabnya Anda harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang manajemen pemeliharaan untuk menjalankan usaha peternakan ayam. Ketika Anda bisa memberikan contoh yang baik, anak kandang akan melanjutkannya.

Jangan menambah pekerjaan anak kandang

Jangan sampai Anda menyalahgunakan anak kandang dengan memberi pekerjaan yang tidak ada sangkut pautnya dengan pemeliharaan ayam broiler.

Buat pekerja sejahtera

Pekerja akan mudah dikelola bila Anda memberikan kesejahteraan padanya melalui upah yang layak.

Apresiasi keberhasilannya

Apabila pekerja berhasil melaksanakan tugas dengan baik sehingga berhasil menciptakan terobosan yang bagus, berikan penghargaan. Sebaliknya, bila prestasi anak kandang kurang bagus, berikan motivasi dan evaluasi agar pekerja bisa meningkatkan keahliannya.

Menegur pekerja

Bila ingin menegur pekerja, usahakan jangan ketika ia sedang bekerja karena hal tersebut bisa membangkitkan emosi. Selain itu, hindari menegur pekerja di hadapan pekerja lain. Tegur pekerja di tempat khusus dan berikan pengertian dengan bahasa yang baik serta kepala dingin.

Baca Juga:  Dua Cara Mengawinkan Domba

Membuat catatan produksi

Ajarkan pekerja untuk membuat catatan produksi (recording) secara lengkap agar dapat mengetahui perkembangan ayamnya hari per hari. Recording juga dapat melatih kejujuran anak kandang.