Kiat Merawat Anthurium agar Rimbun dan Kompak

Pertanianku  — Daya tarik anthurium selalu berhasil menarik hobiis tanaman hias. Popularitas tanaman hias ini sudah muncul sejak akhir 2005. Jenis dan ragam yang beredar sudah sangat banyak. Hal itu membuat popularitas tanaman hias anthurium tak pernah lekang oleh waktu. Agar tanaman anthurium tetap terlihat indah, Anda perlu menjaga kerimbunan dan kekompakan daun. Kedua hal tersebut memerlukan perawatan yang benar seperti berikut.

anthurium
foto: unsplash

Letakkan di teras

Biasanya, teras memiliki atap atau kanopi sehingga cahaya matahari tidak akan langsung mengenai tanaman yang berada di teras. Di tempat ini, tanaman mendapatkan sinar matahari hanya pada jam-jam tertentu, misalnya pagi atau sore hari. Saat itu intensitas cahaya matahari sedang tidak tinggi. Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap embusan angin langsung yang terkadang dapat membuat pertumbuhan tanaman tidak normal.

Beri jarak antartanaman

Anda perlu memberikan jarak antar tanaman sekitar 10–15 cm sebagai ruang kosong agar tanaman dapat tumbuh optimal. Ruang kosong tersebut berfungsi untuk mendistribusikan cahaya matahari. Apabila jarak terlalu rapat, kemungkinan ada beberapa tanaman yang mendapatkan cahaya dalam jumlah sedikit dan ada bagian lain yang berlebih. Kondisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman yang terkena cahaya matahari mengikuti arah datangnya matahari.

Putar tanaman secara berkala

Pemutaran secara berkala bertujuan meratakan distribusi cahaya matahari ke seluruh bagian tanaman, terutama untuk anthurium yang berada di teras. Pemutaran dapat dilakukan seminggu sekali, bergantung pada tingkat pertumbuhan tanaman. Semakin cepat pertumbuhannya, sebaiknya pemutaran tanaman dilakukan lebih sering.

Ganjal dengan styrofoam

Anda dapat memberikan ganjalan di antara sela-sela daun agar pertumbuhan daun lebih sesuai dengan keinginan. Selain itu, pengganjalan daun juga berfungsi agar tanaman tidak bersinggungan sehingga pertumbuhan daunnya lebih optimal.

Baca Juga:  Trik Menghasilkan Bibit Tanaman Mangga dengan Teknik Sambung

Pupuk N tinggi dan ZPT

Anda dapat menggunakan pupuk berkadar N tinggi. Pupuk tersebut dapat diaplikasikan melalui daun (pupuk daun) ataupun akar (pupuk akar). Dosis yang digunakan harus sesuai dengan anjuran dalam kemasan. Namun, dosis tersebut dibagi dua untuk dua kali pemberian.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan zat perangsang tumbuh (ZPT) untuk merimbunkan daun anthurium. ZPT yang digunakan adalah Grow Quick 5 dan Atonik. Dosis yang digunakan sekitar 1 ml per liter. Setiap minggu ZPT diberikan 3 kali pada pagi hari. ZPT tersebut dapat diberikan ke bagian bawah daun.