Kiat Merawat Tanaman Anggur di Pot

Pertanianku — Bila Anda ingin menanam anggur di pot, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan penampilannya tetap terlihat indah.  Mulai dari tempat pemeliharaan, ukuran pot, bibit yang digunakan, media tanam, hingga cara perawatan. Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini.

Anggur di pot
foto: Pertanianku

Lokasi perawatan

Tanaman anggur di pot perlu diletakkan di area yang terkena sinar matahari 100 persen karena buah anggur menyukai sinar matahari. Jika wilayah yang digunakan ternaungi pohon besar atau gedung, anggur tidak akan tumbuh optimal, bahkan tanaman bisa mati.

Ukuran pot

Keindahan tanaman buah yang ditanam di dalam pot dapat ditentukan dari pot yang digunakan. Namun, tak hanya indah, pot tersebut juga harus bisa menopang sosok pohon ketika sudah besar. Oleh karena itu, pilihlah pot yang sesuai agar tanaman tidak gampang roboh ketika sudah dewasa.

Bibit yang digunakan

Sebaiknya, gunakan bibit yang berasal dari setek jika ingin menanam di dalam pot. Hal ini karena sistem perakaran bibit setek terbilang lebih bagus dan sesuai untuk ditanam di pot ataupun pekarangan rumah. Selain itu, bibit yang berasal dari setek dapat berbuah lebih cepat dibanding bibit yang berasal dari biji. Kualitas buah yang dihasilkan akan sama dengan pohon induknya.

Media tanam

Media tanam yang disukai pohon anggur bersifat ringan dan kaya organik. Anda harus menghindari penggunaan tanah yang berat karena tanah tersebut bisa mengering ketika pasokan air di dalam tanah berkurang. Tanah yang mengering dapat melukai sistem perakaran tanaman.

Cara perawatan

Tanaman yang ditanam di pot tidak bisa bebas mencari unsur hara dan air. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan teknik perawatan yang benar. Pasokan air dan unsur hara harus disuplai secara rutin agar tanaman tetap bisa hidup meski ruang gerak akarnya sangat terbatas. Nutrisi tidak boleh berlebih dan harus cukup. Perawatan harus dilakukan secara konsisten apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca Juga:  Jenis Kolam yang Bagus untuk Budidaya Ikan Gabus

 


loading...